Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Segera Jadwalkan Kembali Laga Tunda Persija vs Persib

Diperbarui: 27 April 2018   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatih Persib Bandung Mario Gomez (Foto Republika.co.id)

Laga pekan ke enam antara Persija Jakarta dan Persib Bandung yang jadwalnya berlangsung Sabtu (28/4/18) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, resmi ditunda oleh Penyelenggara Liga 1. Hal ini terjadi karena Polda Metro Jaya tidak memberi izin lantaran berdekatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei (Liga-indonesia.id 26/4/18).

Sebenarnya penundaan jadwal laga dalam suatu kompetisi adalah hal yang bisa terjadi di Liga manapun. Saat ini masalahnya adalah PT LIB sebagai operator kompetisi Liga 1, tidak sesegera mungkin melakukan penjadwalan kembali laga yang tertunda tersebut. Mereka begitu lamban merespon. Sungguh sangat disayangkan. Premier League di England saja selalu ada laga tertunda namun mereka bisa kembali menjadwalkan laga yang tertunda tersebut dengan baik dan benar.

Penundaan jadwal ini semakin memancing pendapat yang beragam baik di media cetak maupun media online. Para Pengamat sepakbola dan penggemar sepakbola akar rumputpun berbicara dengan persepsi mereka masing-masing. Media sangat berperan penting membangun suasana sepakbola kita menjadi sehat dan damai. Bukan memperkeruh keadaan pada saat ada polemik yang sebenarnya persoalannya biasa saja.

Petinggi kedua klub pun mulai memberikan pernyataan mereka. Komisaris PT Persib Bandung, Kuswara mengatakan kepada CNN Indoesia.com (26/4/18) : "Karena tim Persib di bawah asuhan Mario Gomez sudah siap menjalani laga melawan Persija di 28 April tersebut. Namun demikian, kami memahami pertimbangan izin karena faktor keamanan. Selanjutnya, kami menunggu jadwal atau keputusan PT LIB (Liga Indonesia Baru, operator dan regulator Liga 1)."

Kuswara mengharapkan agar jadwal baru Persija versus Persib tidak mengganggu jadwal lain yang sudah ditetapkan PT LIB sebelumnya. Seperti diketahui Persib dijadwalkan bakal bertanding di markas Madura United pada 4 Mei 2018. Maka dari itu jika PT LIB harus menetapkan jadwal laga tunda tersebut disesuaikan dengan jadwal lainnya.

Usulan laga Persija dan Persib pada tanggal 3 Mei 2018 tentu saja tidak masuk akal karena besoknya Persib harus ke maskas Madura United. Praktis tidak memiliki waktu untuk recovery belum lagi harus menempuh perjalanan menuju Madura. Hal yang sama juga sangat merugikan Persija bila laga tersebut dilangsungkan 3 Mei 2018. Persija harus menghadapi dua jadwal pertandingan. Mereka harus terbang ke Papua untuk menghadapi Perseru Serui pada 6 Mei. Mereka juga harus menghadapi laga penting dalam semi final Piala AFC lawan Home United di Singapura pada 8 Mei.  

Jadwal padat ini juga harus diperhitungkan oleh PT LIB untuk menyusun ulang laga tunda mereka. Ada waktu yang mungkin bisa dipilih dalam menyelesaikan laga tunda ini yaitu pada waktu jeda putaran pertama kompetisi Liga 1. Mungkin Penyelenggara Liga 1 harus segera melakukan komunikasi dengan kubu kedua klub agar secepatnya bisa disepakati jadwal pasti dari laga yang tertunda ini.

Salam sepakbola damai demi NKRI.

#hensa27042018




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline