Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Akhirnya PSSI Tunjuk Pengganti Indra Sjafri

Diperbarui: 24 November 2017   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bima Sakti (Foto Sigid Kurniawan/ANTARA)

Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono memastikan dalam konfirmasinya kepada CNN Indonesia (23/11/2017) bahwa Bima Sakti dan Cristian Gonzales telah ditunjuk menjadi pelatih pengganti Indra Sjafri untuk menangani Timnas U-19. Walaupun penunjukkan ini sementara namun cukup mengejutkan. 

"Ya, sudah konfirmasi Bima Sakti untuk sementara pimpin Timnas U-19. Itu sesuai rekomendasi Direktur Teknik Danurwindo dan diskusi dengan pelatih Luis Milla. Intinya, struktur timnas senior ke bawah diharapkan memiliki visi bermain dan filosofi yang seragam mulai dari timnas kelompok umur 16, 19, dan 22." kata Joko Driyono seperti dilansir CNNIndonesia tersebut. 

Sesungguhnya penunjukkan ini terkesan menggambarkan faktor tergesa-gesa. Apalagi beberapa waktu lalu Sekjen PSSI, Ratu Tisha, ketika melakukan jumpa pers saat mengumumkan pemberhentian Indra Sjafri sempat mengatakan bahwa kandidat pengganti Indra saat ini masih sedang digodok kriterianya dan pada awal Desember nanti mereka akan diundang untuk menyampaikan proposalnya dalam menangani Timnas U-19. Hal ini berarti PSSI masih belum mendapatkan calon Pelatih yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. 

Walaupun bersifattentative tapi  penunjukkan ini begitu cepat diputuskan oleh PSSI. Terlepas dari proses penunjukkan yang terkesan tergesa-gesa namun melihat kompetensi seorang Bima Sakti sebagai pelatih yang saat ini menjadi asisten Luis Milla, tidak perlu diragukan lagi. Bima Sakti sudah banyak belajar selama ini dari Luis Milla untuk meracik sebuah tim dan menerapkan taktik yang jitu. Sangat menarik untuk dicoba bagaimana Bima Sakti menyusun starting eleven Timnas U-19 dalam suatu laga. 

Dalam pekerjaannya sebagai arsitek Timnas U-19, Bima Sakti masih tetap dibawah pengawasan Luis Milla. Oleh karena itu Bima untuk sementara akan merangkap jabatan untuk menyamakan persepsi filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Ia akan didampingi Gonzales yang sudah makan asam garam di kompetisi sepak bola nasional.

Inilah yang mungkin menjadi pertanyaan tentang Cristian Gonzales, walaupun sudah banyak pengalaman dalam laga kompetisi Liga Indonesia namun selama ini dirinya belum berpengalaman melatih sebuah klub. Demikian pula menyangkut lisensi pelatih, apakah El-Loco sudah memiliki sertifikar kepelatihan? 

Pertanyaan ini layak diberikan kepada PSSI namun apapun jawabannya nanti penunjukkan ini tetap patut diberikan apresiasi terutama untuk sosok Bima Sakti mantan Kapten Timnas dan pernah bermain di Eropa saat dirinya lulus dari Tim Primavera tahun 90 an. 

Sambil menunggu Pelatih Timnas U-19 yang definitif, diucapkan selamat bekerja Bima Sakti dan Cristian Gonzales. Bravo Timnas Garuda U-19

#hensa23112017




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline