Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Penggunaan Media Digital & Conventional (Realia) dalam Pembelaran Bahasa Inggris untuk Siswa

Diperbarui: 2 September 2024   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran SDN Tremes 2/Dokumen Pribadi

Wonogiri, 31 Juli 2024 ---Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, pendidikan bahasa Inggris memerlukan pendekatan yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Inggris, baik media digital maupun konvensional seperti realia, memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Artikel ini akan membahas penerapan penggunaan media digital dan konvensional (realia) dalam pembelajaran bahasa Inggris, serta bagaimana keduanya dapat saling melengkapi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Program "Penerapan Penggunaan  Media Digital & Conventional (Realia) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa" sukses dilaksanakan tanggal 2 dan 5 Agustus 2024. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Titania Ruditha Listyadi, mahasiswa semester 6 Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dengan tujuan Meningkatkan minat belajar dan memberikan metode baru dalam kegiatan pembelajaran

Pembelajaran SDN Tremes 1/Dokumen Pribadi

Dalam upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, kegiatan ini telah menggunakan media digital Power Point dan speaker sebagai media pembelajaran. Penggunaan media ini membuat pembelajaran tampak menarik dan lebih mudah dipahami oleh siswa-siswi SD. Diisi dengan menyanyi, menari, membaca, dan mengerjakan tugas.

Tidak hanya menggunakan media digital, kegiatan ini juga menggunakan realia atau bahan ajar konvensional untuk memberikan konteks dunia nyata dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penggunaan ice breaking dan game, melatih siswa memahami bagaimana bahasa Inggris digunakan dalam situasi sehari-hari. Selain itu, kegiatan praktis seperti role-play memberikan siswa kesempatan untuk menerapkan keterampilan bahasa mereka dalam konteks nyata.

Pembelajaran ini diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi SDN 1 Tremes dan SDN 2 Tremes yang tampak bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan. Titania bahasa yang mudah dipahami dan materi yang digunakan juga materi wajib yang harus dipahami oleh siswa-siswi SD

Kegiatan ini berjalan dengan lancar karena bantuan teman-teman KKN dan bapak ibu guru SDN 1 Tremes dan SDN 2 Tremes yang sudah membantu jalannya Program Kerja ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline