Lihat ke Halaman Asli

Henny Allatif

Belajar adalah aset penting untuk menggapai kesuksesan yang sesungguhnya.

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Proses Belajar Mengajar

Diperbarui: 15 Juni 2022   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://meenta.net/pembelajaran-komputer-anak-berkebutuhan-khusus/

Di zaman modern seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada kemajuan teknologinya. Hal ini yang membuat teknologi menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Mulai dari orang dewasa maupun orang awam pun turut serta untuk menggunakan teknologi dalam mengerjakan suatu rencana ataupun kegiatan, hingga sampai sekarang teknologi semakin berkembang dengan begitu pesat. Teknologi sangat penting khususnya berkembang luas dalam bidang pendidikan, yang memiliki peran dalam proses belajar mengajar, pada saat itu para guru mengajar hanya menggunakan media seadanya berupa alat tulis dan belum mengenal apa itu teknologi. 

Sebagai suatu entitas yang terkait dalam budaya dan peradaban manusia, pendidikan di berbagai belahan dunia mengalami perubahan sangat mendasar dalam era globalisasi. Ada banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dinikmati umat manusia. Namun sebaliknya, kemajuan tersebut juga beriringan dengan kesengsaraan banyak anak manusia, apalagi dalam era globalisasi sekarang ini. Teknologi sendiri merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan, yang terjadi di dunia pendidikan. Oleh karena itu, sudah selayaknya pendidikan sendiri juga memanfaatkan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran.

Perkembangan teknologi di era saat ini tidak bisa di anggap remeh pada segala bidang terutama dalam bidang pendidikan. Hingga menuntut manusia untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, menyesuaikan dalam menggunakan teknologi informasi khususnya dalam proses belajar mengajar. Dalam proses pendidikan, komunikasi dilakukan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, maupun media yang lainnya. Interaksi antara guru dengan muridnya dan dosen dengan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka, tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Dengan adanya teknologi, banyak guru dan dosen yang memberikan materi ataupun tugas-tugas dengan gadget tanpa harus bertatap muka langsung.

Gadget adalah bukti penting mengenai berkembangnya suatu teknologi di era sekarang ini. Gadget sendiri merupakan sebuah perangkat elektronik yang berukuran kecil namun dapat dibawa kemana saja. Seperti hal nya ketika kita melakukan kegiatan sehari-hari, kita ingin belajar kelompok, mengerjakan pekerjaan kantor, ataupun lain sebagainya. Tentu dibutuhkan gadget sebagai sumber informasinya. Selain sebagai media belajar mengajar, gadget juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi, sebagai akses informasi, sebagai media hiburan, dan lain sebagainya. Adanya teknologi informasi dapat menonjolkan dampak positif bagi siswa-siswi, karena mereka akan lebih mudah dalam mencari berbagai informasi yang diperlukan dalam mencari referensi materi tugas masing-masing. Maka dari itu siswa-siswi atau peserta didik harus dibekali informasi tentang latar belakang yang memberi dampak pengganda pada pembelajarannya sehingga dapat memberikan motivasi yang besar untuk membaca dan mempelajari informasi dari berbagai sumber.

Pengertian Teknologi Pendidikan

Penggunaan teknologi sudah bukan hal yang asing lagi di dalam era globalisasi, terlebih siapa yang tak kenal lagi dengan teknologi seperti sekarang ini . Termasuk pentingnya dalam dunia pendidikan, sudah sewajarnya bila pendidikan juga memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pelaksanaan pembelajaran. Dari sini, muncul lah istilah teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan adalah metode bersistem untuk merencanakan, menggunakan, dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan, baik dari sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif.

Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan

Selain dari penjelaskan diatas, kita mesthi mengetahui peranan teknologi informasi dalam pendidikan yang tentunya patut untuk kita ambil sisi positif nya diantara lain:

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Alasannya karena informasi di internet lebih lengkap, sehingga para siswa akan lebih mudah mengakses informasi yang diperlukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline