Lihat ke Halaman Asli

Hennie Triana Oberst

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling dan budaya

Di Jerman, Semua Kendaraan Bermotor Wajib Memiliki Asuransi

Diperbarui: 12 Februari 2023   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di Jerman, semua kendaraan bermotor wajib memiliki asuransi | foto: Pixabay/ Alexas_Fotos---

Siapa pun, semua warga Jerman yang siap untuk membeli kendaraan bermotor harus siap juga untuk mengasuransikan kendaraannya. Ini adalah aturan yang mutlak dan tidak bisa ditawar.

Ada beberapa jenis asuransi yang wajib  dimiliki oleh warga, salah satunya adalah asuransi kendaraan bermotor. Sejak tahun 1965 telah diberlakukan kewajiban asuransi ini di Jerman.

Asuransi kendaraan bermotor ini meliputi pertanggungjawaban bagi pemilik dan pengemudi untuk menanggung cedera badan, kerusakan properti, dan kerugian finansial lainnya yang disebabkan oleh pengemudi kendaraan jika kendaraan digunakan di jalan dan tempat umum.

Pengalaman kecelakaan

Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi kapan saja dan tidak terduga. Dalam waktu yang cepat orang dapat mengalami cedera dan kerusakan properti akibat kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Meskipun kita mengemudi dengan hati-hati, bisa juga terjadi kecelakaan karena kondisi jalan dan cuaca, atau kelalaian pengguna jalan lainnya. 

Seperti kecelakaan lalu lintas yang pernah saya alami beberapa tahun silam saat mengendarai mobil di Jerman. 

Pagi hari saat saya berbelok memasuki satu jalan, tiba-tiba pintu belakang sebelah kiri ditabrak oleh satu mobil yang berjalan mundur dari area parkir. 

Benturan cukup keras karena mobil berjalan mundur cukup kencang. Syukurnya, tidak ada yang cedera dari kecelakaan ini. Dari kejadian ini sudah jelas kesalahan pengemudi yang keluar dari parkiran.

Saya menepikan kendaraan, diikuti pria yang menabrak. Keluar dari mobilnya, pria itu langsung minta maaf. Dia mengatakan terburu-buru dan tidak awas ada mobil melintas. Saya hanya memandang pria itu dengan wajah kaget dan tangan gemetar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline