Lihat ke Halaman Asli

Hennie Triana Oberst

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling dan budaya

Chicken Teriyaki Poke Bowl, Kuliner Hawaii Berakar dari Jepang

Diperbarui: 5 Januari 2022   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Chicken teriyaki poke bowl, kuliner Hawaii dengan akar Jepang | foto: HennieTriana—

Akhir musim gugur lalu saya mengunjungi satu restoran yang sudah beberapa kali kami kunjungi. Melihat interiornya berubah, saya langsung menduga pemilik dan menu yang disajikan berbeda. Dugaan saya benar. Restoran dengan masakan Italia berganti menjadi cita rasa Asia. Tidak masalah, mencoba sesuatu yang baru. 

Sebetulnya saya ingin mengunjungi rumah makan ini lagi karena masakannya enak, tetapi belakangan ini di Jerman aturan mengunjungi restoran semakin diperketat. Alasannya, naiknya kasus corona yang kembali naik dan serangan virus varian baru Omicron.

Aturan 2G-Plus diberlakukan, yang artinya setiap pengunjung harus menunjukkan sertifikat vaksinasi dan/atau penyintas covid19, ditambah bukti negatif hasil Antigen-Schnelltest (tes swab antigen). 

Lebih baik menunda makan di restoran dan mencoba membuat sendiri menu yang pernah saya santap pada waktu itu. Chicken teriyaki poke bowl, begitu sebutannya. Sebetulnya bukan  menu baru, bahkan menu yang sudah sangat umum dikenal. 

Poke bowl

Hidangan ini adalah masakan khas Hawaii. Seperti kita ketahui, salah satu kuliner Hawaii berakar dari masakan Jepang. Dimulai pada akhir abad ke-19, banyak orang Jepang beremigrasi ke Hawaii untuk bekerja di perkebunan gula dan nanas.

Hingga tahun 1920-an sebesar 40 persen penduduk Hawaii adalah orang Jepang. Meskipun saat ini jumlahnya sudah jauh lebih kecil, tetapi budaya Jepang tetap menjadi bagian dari budaya masyarakat Hawaii, termasuk kulinernya. 

Poke artinya adalah berarti "cut into piece", biasanya ikan --  ikan mentah, diasinkan, ataupun dipanggang -- yang diiris atau dipotong bentuk kubus dan disajikan dalam mangkuk bersama dengan nasi, sayuran, saus, dan bumbu. Menu poke bowl ini merupakan sajian yang sangat umum di Hawaii dan dapat ditemukan di warung makanan kecil hingga restoran mewah. 

Poke terdiri dari beberapa lapisan. 

Lapisan paling dasar adalah nasi (beras sushi atau beras jasmin). Lalu lapisan di atasnya adalah lauk, seperti ikan tuna, salmon, cumi-cumi, dan sayuran. Setelah itu disiram saus. Shoyu (kecap asin) merupakan saus yang umum digunakan. Pelengkapnya adalah taburan sesam, biji-bijian, atau kacang-kacangan.

Teriyaki

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline