Lihat ke Halaman Asli

Hennie Triana Oberst

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling dan budaya

Tarte Tatin, Tart Apel Legendaris dari Prancis

Diperbarui: 10 November 2021   02:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tarte tatin, tart apel legendaris dari Prancis | foto: HennieTriana—

Akhir minggu yang baru lalu saya berhasil mewujudkan rencana yang sudah lama bersarang di kepala. Membuat "Tarte Tatin" begitu sebutannya. Kue berbahan apel karamel ini berasal dari Prancis. 

Membuat kue berbahan apel tentu tidak sulit mendapatkan bahannya. Buah apel tersedia sepanjang tahun di Jerman. Apel merupakan buah yang paling populer di negara ini. Rata-rata setiap orang mengonsumsi 30 kilogram atau sekitar 125 buah apel per tahun.

Buah dengan banyak ragam rasa, dari asam hingga manis ini mengandung 85 persen air. Apel juga sangat cocok untuk diet sehat karena mengandung banyak vitamin dan lebih dari 30 mineral. Selain itu juga mengandung antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. 

Seperti kata pepatah Inggris;

"An apple a day keeps the doctor away" 

Tarte tatin siap disantap | foto: HennieTriana

Tarte Tatin

Tart dari apel karamel yang ditutupi adonan tipis ini pertama kali saya cicipi saat berkumpul dengan teman-teman. Salah seorang teman, Zoe yang berasal dari Prancis, membawa tart apel mungil bikinannya. 

Kue yang sangat lezat ini dalam sekejap ludes kami santap. Zoe kemudian mengatakan bahwa semua orang bisa membuat tart apel ini. Bahan yang dibutuhkan tidak rumit, dan sangat gampang membuatnya, begitu menurut wanita berambut pirang ini.

Menurut asal usulnya tarte tatin dibuat secara tidak sengaja. Kue ini dinamai sesuai nama keluarga dari dua orang bersaudara, Stephanie dan Caroline Tatin. Kakak adik ini mengelola satu restoran di daerah Sologne, Prancis menjelang akhir abad ke-19.

Ada banyak versi mengenai kisah ini, tetapi yang paling dikenal adalah kue apel dibuat karena "kecelakaan" memasak yang dilakukan oleh Tatin bersaudara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline