Lihat ke Halaman Asli

Hennie Triana Oberst

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling dan budaya

Lomba Mengayuh Gondola di Tübingen, Jerman

Diperbarui: 31 Maret 2021   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LobaGondola-foto:Dktue

Kota Tübingen adalah salah satu kota Universitas di Jerman. Kota kecil yang banyak dihiasi bangunan tua yang artistik ini, padat dengan berbagai perayaan dan lomba juga kegiatan lain yang patut dikunjungi. Salah satu kegiatan yang selalu diadakan pada musim panas adalah Lomba Mengayuh Gondola di Sungai Neckar, atau biasa disebut di Jerman “Stocherkahnrennen am Neckar”.

Perlombaan mengayuh Gondola ini dimulai pada tahun 1956. Peserta lomba adalah kelompok yang berasal dari perkumpulan mendayung. Perahu yang bisa menampung sekitar 18 orang ini didayung dengan menggunakan satu stock yang panjangnya 7 meter dan memilik berat antara 5-10 kg. Panjang perahu 10 meter dengan berkisar antara 250 – 400 kg. 

foto:onkelramirez1/pixabay.com

Beberapa tahun yang lalu ketika libur musim panas kami diberi kesempatan dari pihak Universitas untuk mengayuh Gondola. Saya mencoba untuk mendayung perahu tersebut, tetapi perahu serasa tidak bergerak, ternyata sangat sulit sekali. Selain itu mencoba untuk menjalankan perahu sesuai jalur yang ditempuh tanpa harus menabrak sisi sungai yang penuh dengan pepohonan. Satu dari mahasiswi yang ikut rombongan kami sempat terjebur di sungai. Bisa saya bayangkan bagaimana seandainya hal tersebut terjadi pada diri sendiri. 

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Tübingen juga bisa ikut merasakan bergondola di sungai Neckar ini, tentu didampingi oleh pendayung professional.

Selamat jalan-jalan!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline