Lihat ke Halaman Asli

Ummu Hanik

Administrator clothing

Museum Pendidikan, Belajar hingga Bernostalgia

Diperbarui: 8 Januari 2020   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Ada museum baru di Surabaya nih. Museum Pendidikan, museum yang terletak di Jl. Genteng Kali no. 41 dan dekat Taman Ekspresi ini baru dibuka November 2019 yang lalu. 

Museum ini beroperasi hari Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00. Untuk masuk ke museum ini kita tidak dipungut biaya alias gratis.

Foto oleh : Bli Bagus

Tempatnya bersih, dengan bentuk bangunan lama yang cantik membuat tempat ini menjadi salah satu spot foto baru untuk pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, para content creator hingga foto wisuda bahkan foto prewedding kerap mengambil lokasi di tempat ini.

Foto oleh : Bli Bagus

Di museum ini kita bisa mengetahui pembagian masa pendidikan di Indonesia, mulai jaman pra sejarah, sejarah, kemerdekaan, dsb. Selain itu, terdapat pula barang-barang yang berhubungan dengan pendidikan di masanya terpajang apik di tempat kaca untuk melindungi dari tangan jahil para pengunjung. 

Pengunjung yang mengabadikan moment di salah satu spot | dokpri

Selain menjadi tempat edukasi untuk anak-anak. Para orang tua bisa juga bernostalgia karena di museum ini koleksi barang-barang saat mereka sekolah jaman dulu bisa ditemukan seperti, buku pelajaran Bahasa Indonesia jaman dahulu, sabak (alat tulis sebelum ada buku), sampai penghapus karet warna-warni ada di sini.

Koleksi buku jaman dulu | dokpri

Orang tua yang sedang mengedukasi anak-anaknya tentang peralatan sekolah jaman dulu | dokpri

Tidak hanya koleksi barang-barang saja, di museum ini pula kita bisa merasakan berada di dalam sebuah kelas yang meja dan tempat duduknya masih menyatu (model bangku jaman dahulu). Di kelas ini pula ada teks pancasila masih dengan ejaan lama. 

Bagaimana? Tertarik untuk belajar sambil bernostalgia? Yuk, langsung saja datang ke lokasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline