Lihat ke Halaman Asli

Heni Rahmawatin Nisa

Teknologi Pangan Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Beri Resep Andalan Pencegah Covid-19 Melalui Minuman Rempah-Rempah Peningkat Imun Tubuh

Diperbarui: 8 Agustus 2021   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Heni Rahmawatin Nisa sedang mmberikan sosialisasi dan edukasi mengenai manfaat rempah-rempah kepada ibu-ibu PKK (Dok. Pribadi)

Pati, (13/7/2021) -- Mahasisiwa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021 memberikan edukasi dan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK Desa Kertomulyo untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid 19 dengan mengkonsumsi minuman rempah-rempah. 

Kegiatan dilaksanakan di rumah Ketua PKK Desa Kertomulyo pada hari selasa (13/7/2021). Kegiatan diadakan pada pagi hari dan diikuti oleh 5 orang selaku pengurus harian PKK Desa Kertomulyo dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Tingginya lonjakan pasien Covid 19 di Kabupaten Pati akhir-akhir ini menjadikan Heni Rahmawatin Nisa mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro memberikan edukasi mengenai manfaat rempah-rempah bagi kesehatan, selain itu ia juga mengajak ibu-ibu untuk membuat jamu kunir asem dan juga minuman rempah rempah yang terbuat dari jahe, sereh, kayu manis dan bunga lawang. 

Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan ibu-ibu tentang manfaat dan pengolahan rempah-rempah sebagai peningkat imun tubuh di masa pandemi Covid 19, jelas pelaksana program, Heni Rahmawatin Nisa (13/7)

Menurut Heni, jika sistem imun seseorang kuat maka tubuh dapat terhindar dari berbagai virus, bakteri, parasit dan mampu mengeliminasi zat asing lain dari tubuhnya. 

Tanaman obat seperti jahe, kunyit, sereh, kayu manis, bunga lawang dan lain sebagainya di nilai memiliki kemampuan sebagai imun booster, antioksidan, imunomodulator, antimikroba, antivirus, antiinflamasi dan berkorelasi dengan ACE2 ataupun komponen virus SARS CoV-2

Pada kegiatan ini ibu-ibu tampak antusias. Mereka berpendapat mereka pertama kali membuat jamu kunir asem dan jamu rempah-rempah. Bahkan untuk jamu rempah - rempah yang terbuat dari jahe, sereh, kayu manis dan bunga lawang merupakan minuman yang pertama kali mereka buat dan mereka coba. 

"Pada kegiatan ini ibu-ibu juga banyak memberikan pertanyaan mengenai bagaimana proses pengolahan yang benar agar kandungan gizi tetap terjaga dan proses penyimpanan jamu serta waktu terbaik meminum jamu". Tutur Heni (13/7).

Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan ibu-ibu tentang manfaat dan pengolahan rempah-rempah sebagai peningkat imun di masa pandemi Covid 19. 

Selain itu saya berharap minuman rempah-rempah ini mampu memberikan manfaat kesehatan dan mampu menjadi andalan pencegah virus Covid 19.

Jamu kunir asem dan jamu rempah-rempah (jahe, sereh, kayu manis dan bunga lawang). Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline