Lihat ke Halaman Asli

Heni DwiUtami

Guru Penggerak Angkatan 4 Sidoarjo dan Pengajar Praktik Angkatan 9 Kemendikbud

Laporan Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 9 Kelas 210B Sidoarjo 8

Diperbarui: 2 September 2023   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Daftar hadir lokakarya orientasi di LMS (dokpri)

A. Latar Belakang

Guru Penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, selain itu hadirnya guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar. Prinsip program adalah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning. Dengan menggunakan dua metode yang tadi dijelaskan, nantinya guru yang terdaftar di dalam program ini mereka juga harus mengikuti proses pembelajaran.

Model pembelajaran yang tertuang adalah menggunakan metode pelatihan dalam jaringan atau belajar daring, lokakarya, dan pendampingan individu.

Terdiri dari 70% pengajar bekerja di sekolah, 20% bersama sesama pengajar, dan 10% bersama narasumber, fasilitator, dan pengajar praktik. Pendampingan dilakukan secara individu di sekolah CGP dan pendampingan kelompok melalui kegiatan lokakarya.

Pendampingan melalui lokakarya bertujuan untuk:

  • meningkatkan keterampilan CGP untuk menjalankan perannya;
  • menjejaringkan CGP di tingkat kabupaten/kota;
  • menjadi ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh CGP; dan
  • meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan di tingkat sekolah dan kabupaten/kota.

B. Tujuan 

Tujuan kegiatan pendampingan lokakarya orientasi adalah sebagai berikut:

  • Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan)
  • CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak
  • CGP  dapat  membuat  rencana  pengembangan  kompetensi  diri  Guru  Penggerak,  berikut  dukungan  yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi
  • CGP  memahami  pentingnya  membuat  portofolio,  tahapan  dan  contoh  portofolio  sebagai  bagian  dari pengembangan kompetensi

C. Indikator Keberhasilan

Indikator keberhasilan dari kegiatan pendampingan lokakarya orientasi adalah sebagai berikut:

  • Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi dan menceritakan harapan, kekhawatiran selama program berlangsung
  • Calon  Guru  Penggerak  dapat  mengidentifikasi  tantangan  yang  akan  dihadapi  dan  dukungan  yang  bisa didapatkan
  • Calon Guru Penggerak dapat menuliskan rencana pengembangan kompetensi diri

D. Sasaran

Sasaran pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi program PGP adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi, adalah sebagai berikut:

  • 18 Calon Guru Penggerak
  • Kepala Sekolah dari Calon Guru Penggerak
  • Pengawas dan Perwakilan Dinas
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline