A. Latar Belakang
Guru Penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, selain itu hadirnya guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar. Prinsip program adalah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning. Dengan menggunakan dua metode yang tadi dijelaskan, nantinya guru yang terdaftar di dalam program ini mereka juga harus mengikuti proses pembelajaran.
Model pembelajaran yang tertuang adalah menggunakan metode pelatihan dalam jaringan atau belajar daring, lokakarya, dan pendampingan individu.
Terdiri dari 70% pengajar bekerja di sekolah, 20% bersama sesama pengajar, dan 10% bersama narasumber, fasilitator, dan pengajar praktik. Pendampingan dilakukan secara individu di sekolah CGP dan pendampingan kelompok melalui kegiatan lokakarya.
Pendampingan melalui lokakarya bertujuan untuk:
- meningkatkan keterampilan CGP untuk menjalankan perannya;
- menjejaringkan CGP di tingkat kabupaten/kota;
- menjadi ruang diskusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh CGP; dan
- meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan di tingkat sekolah dan kabupaten/kota.
B. Tujuan
Tujuan kegiatan pendampingan lokakarya orientasi adalah sebagai berikut:
- Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan)
- CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak
- CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi
- CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi
C. Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan dari kegiatan pendampingan lokakarya orientasi adalah sebagai berikut:
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi dan menceritakan harapan, kekhawatiran selama program berlangsung
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi dan dukungan yang bisa didapatkan
- Calon Guru Penggerak dapat menuliskan rencana pengembangan kompetensi diri
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi program PGP adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan pendampingan lokakarya orientasi, adalah sebagai berikut:
- 18 Calon Guru Penggerak
- Kepala Sekolah dari Calon Guru Penggerak
- Pengawas dan Perwakilan Dinas