Lihat ke Halaman Asli

Henida syifaAzzahra

Wonderfull islamic and natural

Yuk, Kenali Tanda-Tanda Anak Cerdas

Diperbarui: 9 April 2019   05:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada dasarnya setiap anak memiliki bakat dan kemampuan. Namun, sebagian diantaranya ada yang memiliki kemampuan berpikir diatas rata-rata dan dibawah rata-rata. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan test yang akurat untuk mengetahui berapa IQ sang anak, sebab dimata semua orang tua, setiap anak pasti pintar. 

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa orang tua amati untuk mengetahui apakah anak memiliki IQ tinggi atau tidak. 

1. Daya ingat yang kuat

Kemampuan anak dalam mengingat sesuatu yang dilihat atau didengarnya merupakan indikasi partama yang menandakan sang anak memiliki IQ yang tinggi. Kita bisa mengetesnya dengan beberapa permainan yang berkaitan dengan daya ingat, misalnya permainan berbisik kata. Minta anak untuk menyebutkan kembali kata atau kalimat yang telah di bisikan. Jika sang anak mampu mengingat kalimat yang diucapkan dengan sempurna, berarti ia memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

2. Kreatif dan memiliki daya imajinasi yang tinggi

Nah, Jangan sepelekan aktivitas bermain anak. Sebab saat itulah kita bisa mengamati kecerdasan yang dimilikinya. Salah satu ciri anak cerdas adalah daya imajinasinya yang berbeda dibandingkan anak lainnya. Imajinasinya tersebut biasanya tertuang dalam bentuk kreasi, seperti gambar, tulisan atau susunan balok. Setiap kreasi yang diciptakannya memiliki makna dan anak pintar biasanya dapat menerjemahkan imajinasinya tersebut melalui rangkaian kata dan bahasa tubuh.

3. Kemampuan verbal diatas rata-rata

Jika anak dapat berkomunikasi dengan pilihan kosakata yang banyak dan teratur, berarti anak tersebut tergolong memiliki IQ yang tinggi. Anak cerdas biasanya sudah mampu berkomunikasi dengan baik sejak usia dini. Kosakata yang digunakan beragam dan struktur kalimatnyapun lebih baik dibandingkan anak lain seusianya. Namun sayangnya, banyak orangtua yang salah dalam merespon kecerdasan anak ini dengan memberi label 'anak bawel' atau 'sok tua'. Padahal kemampuannya itu merupakan tanda ia adalah anak cerdas.

4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Anak dengan IQ diatas rata-rata umumnya memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar. Maka jangan heran jika mendapati anak sering bertanya dan jangan memarahi anak saat ia membongkar mainan atau membuat rumah berantakan. Pasalnya, tingkah lakunya tersebut dilakukan untuk mencari jawaban atas rasa penasarannya.

5. Senang berargumentasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline