Lihat ke Halaman Asli

Heniaaa

Mahasiswa

Kegiatan Bimbingan Belajar sebagai Bentuk Kontribusi Nyata Mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak di Bidang Pendidikan

Diperbarui: 4 Desember 2023   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Gayung Bersambut,11 November 2023 -- Pada 11 November 2023 Mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak melaksanakan kegiatan bimbingan belajar sebagai bentuk kontribusi nyata di bidang pendidikan. Kegiatan Bimbingan belajar tingkat Sekolah Dasar di Desa Gayung Bersambut Kecamatan selakau berlangsung sukses dan diikuti secara antusias oleh adik-adik Sekolah Dasar. Tujuan Kegiatan ini Agar dapat membantu siswa/siswi desa Gayung Bersambut  memahami pelajaran dan memberikan bimbingan kepada siswa/siswi Desa Gayung Berdambut  untuk menyelesaikan tugas sekolah serta memberikan pembelajaran yang tidak hanya di lakukan di ruang lingkup persekolahan. 

Bimbingan  belajar  merupakan  hal yang  sangat  penting  dalam  rangka  membantu  peserta  didik  agar  mampu  melakukan penyesuaian  diri  dengan  tuntutan  akademis,  sosial,  dunia  kerja,  dan  tuntutan  psikologis sesuai  dengan  potensi  yang  dimilikinya. Bimbingan belajar dari rumah berupaya untuk mengetahui  sejauh  mana  pemahaman  siswa  terhadap  proses  belajar  sekaligus  membantu siswa  agar  mampu  melakukan  penyesuaian  diri  dengan  dirinya  sendiri  dan  lingkungannya. Pelakasanaan kegiatan ini dimulai dari tanggal 11 November 2023 hingga tanggal 23 November pada pukul 13.00 sampai jam 16.30. Bimbingan belajar ini tidak hanya dilakukan pada satu tempat, melainkan juga diadakan di dua dusun lain di desa Gayung Bersambut, yaitu Dusun Jirak dan Dusun Mekar. Pelaksanaan bimbingan belajar di dusun Jirak dijadwalkan setiap hari selasa dan rabu serta untuk dusun Mekar setiap rabu dan kamis. 

Input sumber gambar

Kegiatan bimbingan belajar ini tidak sekadar hanya untuk memberikan bimbingan dan bantuan dalam proses pembelajaran siswa melainkan juga dilakukan pemberian motivasi  kepada  siswa-siswi  dalam  belajar,  menjelaskan  materi  pelajaran,  membantu menyelesaikan  tugas  sekolah. Konsep bimbingan belajar yang dilakukan mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak di desa Gayung Bersambut ini yaitu melakukan bimbingan belajar sambil bermain serta mengaplikasikan pembelajaran dalam kehidupan sehari - hari. 

Peran kegiatan bimbingan belajar  antara  lain meningkatkan motivasi  belajar,  anak merasa diperhatikan, memberikan  pemahaman  terkait pelajaran,  menambah  ilmu  pengetahuan  lebih,  meningkatkan  kepercayaan  diri,  waktu  dan tempat yang fleksibel. Melalui kegiatan bimbingan belajar yang diadakan mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak ini diharapkan dapat membawa siswa yang kesulitan dan kesusahan dalam memahami pembelajaran di sekolah. 

Dokpri

Selain bimbingan belajar, mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak juga membagikan brosur tentang informasi mengenai kampus IKIP PGRI Pontianak dan jurusan yang dimiliki IKIP PGRI Pontianak. Pembagian brosur ini diberikan kepada masyarakat desa Gayung Bersambut. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan Kampus IKIP PGRI Pontianak kepada masyarakat desa. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengenal IKIP PGRI Pontianak secara baik. 

Kegiatan bimbingan belajar dan pembagian brosur ini menjadi bentuk program kerja mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak di bidang pendidikan. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kontribusi nyata mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak di bidang pendidikan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline