Lihat ke Halaman Asli

Hengky Lau

Mahasiswa Universitas Internasional Batam

Park Avenue: Tempat Tongkrongan Hits di Batam

Diperbarui: 4 Januari 2023   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Liburan ke Kota Batam sudah menjadi destinasi yang menarik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara dari zaman dulu. Kota yang terkenal akan kota Industri dan Pariwisata ini memiliki banyak sekali destinasi jika ditelusuri. Mulai dari orang tua maupun anak muda.  Akan tetapi, tidak lengkap rasanya jika ada anak muda tetapi tidak ada tempat untuk nongkrong. Park Avenue merupakan pusat perbelanjaan yang ada dikota Batam tepatnya terletak di JL. Orchad Boulevard -- Batam, Kepulauan Riau.  wisata yang pas untuk anak muda yang ingin bercanda ria bersama teman teman.

Biasanya wisatawan yang datang mengunjungi Park Avenue ini akan terpukau melihat desain bangunannya yang unik, sehingga tidak jarang bahwa tempat ini sering dijadikan tempat berswafoto. Tidak hanya tempatnya yang cocok untuk dijadikan tempat swafoto, tetapi ada juga beberapa sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk relaksasi sekaligus hang-out bareng dengan teman dan keluarga mereka.  Seperti tempat duduk yang disediakan didekat taman dan bazaar,tempat gym and fitness center untuk olahraga, kemudian fasilitas bioskop untuk menonton film, restoran, dan juga akses yang mudah karena tersedianya tempat parkir yang cukup luas diarea basement. Oleh karena itu destinasi ini juga merupakan salah satu destinasi yang wajib kita kunjungi.

Penyusun merasa perlu memberikan kritik dan saran terkait Park Avenue untuk kemajuan pariwisata Indonesia, Khususnya kota Batam.Berikut beberapa hal yang menurut penyusun perlu diperbaiki terkait Park Avenue :

1. Kurangnya sarana selain bioskop dan bazaar

Menurut tim penyusun park avenue adalah tempat paling bagus untuk tempat nongkrong bagi anak muda dan orang tua namun pastinya ada beberapa sarana yang kurang lengkap disana yang menarik pengunjung lain untuk berkunjung disana. Saat ini hanya tersedia sarana bioskop dan bazaar yang dapat menarik perhatian pengunjung. Akan tetapi sarana bazaar tidak diadakan setiap hari dan dilakukan hanya pada saat event-event tertentu hal ini membuat para pengunjung cepat merasakan bosan dan juga disana hanya restarant yang mereka cari untuk tempat nongkrong namun tidak ada toko yang menjual barang-barang yang dapat mereka beli dan untuk parkiran kendaraan hampir sama dengan mall-mall pada umumnya jadi pengunjung tidak perlu ragu tentang parkirannya.  Solusi dari tim penyusun adalah park avenue dapat membuka sarana seperti game center untuk orang tua yang membawa anak-anak mereka atau sarana seperti timezone lalu park avenue juga dapat membuka minimarket atau shopping mall untuk orang tua. 

2. Prasarana yang kurang memadai

Dalam beberapa bulan terakhir, Park Avenue sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seperti bazaar makanan, lomba basket, turnamen game, konser musik dan lain sebagainya. Adanya acara ini menyebabkan jumlah pengunjung semakin bertambah sehingga prasarana yang tersedia sering kali tidak mencukupi. Prasarana yang dimaksud adalah tempat duduk, apalagi saat bazaar makanan banyak pengunjung yang makan sambil berdiri karena tempat duduk yang terbatas. Tidak sedikit juga pengunjung yang duduk di tempat yang tidak seharusnya diduduki seperti green area. Green area yang diduduki akan merusak rumput dan tanaman yang ada di sana. Pihak Park Avenue tidak memanfaatkan lahan kosong dengan baik. Padahal masih banyak lahan kosong yang bisa diletakkan tempat duduk. Seharusnya lahan kosong yang tersedia bisa diletakkan tempat duduk untuk memperbanyak prasarana. 

Selain itu, jumlah kendaraan mobil ataupun motor pasti akan bertambah jika ada acara. Sedangkan tempat untuk bayar parkir di Park Avenue hanya ada 1. Ini sangat tidak efisien karena antrian menjadi panjang dan menyebabkan macet. Antrian bisa sampai ke ujung tempat parkir mobil yang menyebabkan mobil tidak bisa keluar. Kemudian orang-orang juga membutuhkan waktu yang lama untuk keluar dari Park Avenue. Solusinya adalah pihak Park Avenue seharusnya menambah tempat bayar parkir di sana, sehingga tidak terjadi macet dan akan menghemat waktu. Jika prasarana mencukupi, pengunjung juga akan merasa senang pergi ke Park Avenue. Ini akan meningkatkan keuntungan secara finansial. 

3. Masih banyak toko yang ditutup

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat disayangkan, mengingat bahwa park avenue mempunya tampilan bangunan yang menarik tetapi memiliki sarana yang kurang. Contohnya banyak sekali toko yang masih tutup. Terutama dilantai 2 bangunan park avenue, seperti yang kita tau bahwa dilantai 2 bangunan park avenue hampir semua toko ditutup dan yang tersedia hanyalah fasilitas untuk menonton film/bioskop. Oleh karena itu ada baiknya untuk mereka menambah jumlah sarana mereka juga agar bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang dating, kemudian juga meningkatkan cara promosi mereka untuk menarik lebih banyak pengunjung/wisatawan.

4. Lokasi yang kurang strategis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline