Lihat ke Halaman Asli

Hengky Irawan

IPB University

Gallery UMKM Desa Bojong Gede, Berdayakan Usaha Masyarakat Bojong Gede

Diperbarui: 6 Maret 2020   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gallery UMKM Desa Bojong Gede | Dok. pribadi

Bogor - Gallery UMKM Desa Bojong Gede diresmikan oleh Protelindo dan Kepala Desa Bojong Gede pada Jum'at, 31 Januari 2020 demi menggerakan perekonomian warga desa Bojong Gede yang lebih baik dan sesuai dengan hastag yang dibuat oleh Bapak Kepala  Desa dan sesuai dengan hastag yang dibuat oleh Bapak Dede Malvina yaitu #BOJONGGEDE MANDIRI . Saat ini Gallery UMKM Bojong Gede memiliki anggota sebanyak 80 lebih pelaku usaha. Ada berbagai macam produk yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar, antara lain yang paling terkenal adalah dodol ketan wijen dan durian khas Bojong Gede,kue subuh (kue basah dan gorengan), rengginang borju, olahan makanan frozen (bebek ungkep bumbu kuning,ayam puyuh ungkep,pempek) cookies, peyek ebi atau kacang, minuman sehat dan herbal (teratai salju dan  minuman sari buah),nasi box atau nasi tumpeng dan hasil kerajinan tangan masyarakat (tas, sandal, dompet, bros jilbab, jilbab topi anak-anak dll).

Jenis produk lain di Gallery ini yang diminati juga oleh masyarakat adalah Kue Subuh dan Rengginang Borju. Untuk Kue Subuh dibuka mulai jam 05.00-10.00 WIB, dan Kue Subuh ini ada banyak jenis kue basah dan goreng dari masyarakat sekitar yang ikut menitipkan dagangan kuenya, oleh karena itu letaknya yang strategis antara pasar Bojong Gede, sehingga menarik pembeli yang setelah berbelanja dari pasar singgah ke lapak Gallery untuk membeli kue subuh ini. Yang kedua ada produk rengginang borju, produk ini yang membedakan dengan rengginang lainnya adalah memiliki varian rasa yang unik (Balado, Cheese, BBQ, Terasi, Bawang, Coklat dan Blueberry) dan dengan harga Rp 20.000 yang siap dimakan dan untuk mentahan dijual Rp 30.000 (berat isi 500 gram).

Tidak hanya industri makanan dan kerajinan tangan saja yang terkenal disini, karena dengan dibukanya Gallery UMKM Desa Bojong Gede ini juga membuka industri UMKM yang bergerak dibidang Jasa juga yang mungkin berbeda dengan UMKM yang ada didaerah bogor lainnya. Untuk bidang jasa, Salah satu usaha jasa dari anggota UMKM ini, membuka Franchise Home Spa, Fasa Facial, Salon, Jasa Photography serta melayani Bekam khusus Wanita di kerjakan rumah pelanggan, dilakukan oleh tenaga profesional.

Walaupun Gallery UMKM Desa Bojong Gede baru diresmikan akhir januari lalu, masyarakat sangat antusias membuat produk hasil sendiri, mendata diri dan ikut pelatihan khusus (pengem asan produk agar menarik konsumen) supaya bisa menjadi bagian dari anggota Gallery UMKM Desa Bojong Gede ini. Oleh karena itu, untuk saat ini pengurus dari Gallery UMKM Desa Bojong Gede, sedang gencar melakukan sosialisasi produk masyarakat desa Bojong Gede secara offline (festival produk UMKM, Bazar UMKM, Buka lapak didepan Gallery) maupun secara online (seperti: Media Sosial Instagram, Facebook) agar produk masyarakat desa Bojong Gede dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Liputan : Jum'at , 21 Februari 2019 13.58 WIB

(Penulis dan Narasumber : Hengky Irawan dan Ibu Anti Herwanti)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline