Lihat ke Halaman Asli

Wisata Adrenalin: Telomoyo Gantole (Hang Gliding) 2015 Cup (Semarang)

Diperbarui: 8 Oktober 2015   14:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

27 September - 4 Oktober 2015 telah berlangsung ajang kejuaran dunia layang gantung atau hang gliding atau populer dengan istilah gantole atau yang dikenal dengan kejuaran dunia "Telomoyo Cup". Istilah kejuaran dunia yang digunakan tidaklah abal-abal dikarenakan "Telomoyo Cup" telah masuk dalam kalender kejuaran dunia untuk olahraga gantole.

Olahraga gantole mungkin untuk beberapa orang terdengar tidak familiar selain itu olahraga ini tergolong olahraga yang menantang adrenalin. Pemain atau atlit gantole mengawali garis start dengan terjun menggunakan layang-layang dari gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 1500 mdpl kemudian atlit gantole harus berada diatas udara selama beberapa menit hampir satu jam tentu dibutuhkan keberanian dan stamina yang tinggi agar mampu membaca arah angin dan mendarat sesuai lokasi yang telah ditentukan.

Untuk Telomoyo Cup sendiri lokasi penerjunan dimulai dari puncak Gunung Telomoyo yang terletak di kabupaten Magelang dan mendarat di kampung Rawa kabupaten Semarang. Terdapat alasan kenapa lokasi pendaratan dipilih di kampung Rawa. Hal ini karena kampung rawa berada dijalur perlintasan wisata, yaitu: museum kereta api ambarawa, palagan ambarawa, rawa pening. Perlu diketahui atlit gantole dalam penerbangannya memiliki titik titik yang harus dilewati sebelum mendarat di lokasi yang telah ditentukan. Lah tujuan disini adalah agar para atlit gantole dapat melihat keindahan alam dari atas udara sehingga timbul ketertarikan untuk menceritakan kepada rekan-rekan yang pada giliranya akan menarik pariwisata.

Itulah sekilas tetang acara Telomoyo  Gantole Cup. Untuk cerita yang lebih menarik tentang gantole sedang dipersiapkan penulis mohon ditunggu. Salam wisata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline