Lihat ke Halaman Asli

Hendy Kusmarian

pemandu medan perang bisnis

"Bidik-Ikat-Pungut" Prospek Anda Sejak Kontak Pertama

Diperbarui: 3 Maret 2021   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Buat seseorang menyetujui suatu hal kecil. Itulah langkah pertama, dan paling penting, untuk membuat mereka menyetujui hal yang besar nanti.

Ini disebut "Fenomena Kaki di Pintu," dan ini salah satu kaidah paling penting yang bisa Anda pelajari tentang pemasaran online, di mana Anda selalu hanya satu klik dari penolakan.

Gunakan kail-kail sederhana dan menarik untuk menarik para prospek ke dalam proses penjualan Anda. Kailnya tidak boleh mewajibkan si prospek dengan cara apa pun, karena ini mungkin membuat mereka takut. Gunakan rumus "Bidik, Ikat dan Pungut" untuk memberikan hasil terbaik dari langkah kaki-di-pintu Anda.

Iklan untuk sebuah klub kesehatan: "Silakan masuk untuk analisis lemak-tubuh gratis."

Iklan untuk pelapis aluminium: "Rumah Anda berisiko? Izinkan Spesialis Perbaikan Rumah kami mengunjungi rumah Anda untuk penilaian risiko cuaca gratis."

Analisis produk Anda dan buat penawaran gratis "bidik, ikat, pungut". Gunakan ini untuk misalnya mendapatkan langganan buletin yang Anda kembangkan.

Bahkan di luar bisnis online, Anda bisa melihat Fenomena Kaki di Pintu bekerja setiap hari. Banyak organisasi dan kelompok keagamaan menguasai seni ini. Anda tidak akan pernah melihat anggota Scientology bertanya kepada seseorang di jalan apakah mereka ingin mengeluarkan belasan jutaan rupiah untuk terapi seumur hidup. Mereka hanya akan menanyakan apakah Anda ingin mengikuti suatu tes kepribadian atau IQ. Anda tidak tahu saat itu bahwa ketika Anda mengikuti tes itu, Anda juga mengambil bagian dalam suatu sistem yang dirancang dengan sangat baik untuk membawa Anda lebih dalam memasuki Scientology.

Demikian pula, neo-Nazi dan kelompok pembenci lainnya tahu bahwa mereka tidak bisa membangun organisasi mereka dengan menelepon tanpa-kenal untuk meminta orang-orang ikut dalam kejahatan kebencian. Perekrutan dimulai dengan suatu rapat atau pesta, sebelum aktivitas-aktivitas yang lebih jahat diperkenalkan.

Mengejutkan, jumlah langkah antara tes kepribadian dan fanatisme buta sangat sedikit.

(Catatan: Saya tidak sedang meremehkan gerakan agama atau politik apa pun atas keyakinan mereka atau mengisyaratkan agar kebebasan berbicara mereka harus dibatasi. Saya hanya sedang membandingkan proses-proses penjualan, dan memberikan hak kepada pembaca untuk menarik kesimpulannya sendiri.)

Akan juga bermanfaat bagi Anda untuk memperhatikan sebagian praktisi trik-trik psikologi terbaik di dunia: para salesman door-to-door. Jika Anda pernah alami penjual ini membunyikan bel pintu Anda, jangan langsung membanting pintu di depan wajahnya. Biarkan dia memainkan triknya dan ambillah beberapa pelajaran darinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline