Lihat ke Halaman Asli

Hendro Gunawan

Mahasiswa ; karyawan

Negosiasi

Diperbarui: 12 Juli 2023   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan Kewirausahaan

Diskusi Sesi 14

 

Negosiasi

Pendahuluan

Menurut Roger Fisher dan William Urry, yang merupakan penulis buku “Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In”. Negosiasi adalah proses dimana pihak-pihak yang berbeda mencari cara untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan tanpa harus mengorbankan kepentingan masing-masing.

Menurut Jeffrey Z. Rubin dan Bert R. Brown, yang merupakan penulis buku “The Social Psychologi of Bargaining and Negotiation”. Negosiasi adalah proses komunikasi dimana pihak-pihak yang berbeda mencoba untuk mencapai kesepakatan dengan mengatasi perbedaan pendapat dan kepentingan mereka.

14.1 Pengertian Negosiasi

Negosiasi adalah proses interaktif antara dua atau lebih pihak yang berupaya mencapai kesepakatan atau penyelesaian dalam situasi dimana terdapat perbedaan kepentingan, tujuan atau pandangan. Dalam negosiasi, pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk menemukan titik tengah atau kesepakatan yang saling menguntungkan.

14.2 Tujuan Negosiasi

Tujuan negosiasi adalah mencapai hasil yang memuaskan semua pihak, dimana setiap pihak merasa bahwa kepentingan mereka telah diakomodasi atau dilayani. Proses ini melibatkan pertukaran gagasan, argumentasi, tawar-menawar, dan kompromi untuk mencapai tujuan bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline