Lihat ke Halaman Asli

Hendro Gunawan

Mahasiswa ; karyawan

Cara Merumuskan Suatu Masalah Pada Tesis

Diperbarui: 16 Agustus 2022   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ujian Akhir Semester

Ujian akhir semester (UAS) merupakan bagian dari evaluasi yang bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi siswa, sehingga siswa dapat melanjutkan pembelajaran ke tingkat lebih tinggi atau perlu ada pengujian. Ujian akhir semester adalah suatu bentuk evaluasi yang di lakukan oleh siswa untuk mengetahui pencapaian kompetensi di akhir satuan pendidikan. Tujuan diadakannya ujian akhir semester ialah sebagai bentuk evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian hasil kompetensi belajar siswa yang diajarkan oleh guru atau pendidik selama satu semester. Selain itu, ujian akhir semester juga bisa untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung, untuk memberikan umpan balik (feed back) yang diperoleh setelah siswa melakukan tes, dan sebagainya. Pada ujian mata pelajaran bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Bukan hanya dalam pembelajarannya, akan tetapi dalam soal ujian tengah semester maupun soal ujian akhir semester, kedua aspek tersebut selalu berada dalam satu lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya, perlu memperhatikan kedua aspek yang ada, yakni aspek berbahasa dan aspek bersastra termasuk membuat esai dan membuat laporan hasil penelitian dan kegiatan. Hal lain yang dipertimbangkan dalam pembuatan soal adalah kesesuaian soal tersebut dengan kompetensi isi dan kompetensi dasar, atau standar kompetensi dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum tingkat satuan (KTSP) dan kurikulum 2022. Komposisi antara aspek pembuatan esai dan aspek pembuatan laporan penelitian dan hasil kegiatan memungkinkan untuk di teliti, karena keseimbangan kedua aspek tersebut akan menjadi tolok ukur pembelajaran bahasa Indonesia. Kesesuaian soal dengan kompetensi inti atau standar kompetensi dan kompetensi dasar pun menjadi suatu bahan penelitian yang menyenangkan.

    Terlepas dari itu, soal ujian akhir semester mata pelajaran bahasa Indonesia juga harus memuat empat aspek yang ada di kurikulum 2022. Keempat aspek tersebut adalah: spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Aspek lain yakni ada tiga ranah dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah: kognitif, efektif, dan psikomotrik. Aspek-aspek tersebut dapat menunjang keberhasilan peserta didik jika ke semua aspek terdapat pada ujian akhir semester. Keberhasilan peserta didik dalam mengerjakan soal ujian akhir semester akan tercapai apabila soal ujian tersebut sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kurikulum 2022 atau standar kompetensi dan kompetensi dasar pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), serta mengandung keempat aspeknya, dan komposisi antara aspek berbahasa dan bersastra seimbang. Pembuatan soal ujian akhir semester pun juga dilimpahkan kepada pihak yang terkait, yakni melalui Dinas Pendidikan setempat, karena adanya otonomi daerah. Setiap kota memiliki soal ujian akhir semester yang berbeda yang telah disetujui oleh Dinas Pendidikan setempat.

    Soal akhir ujian semester di Kota Jakarta dan Surabaya memiliki perbedaan. Perbedaan itu disebabkan adanya otonomi daerah dalam bidang pendidikan, sehingga dalam pembuatan soal ujian akhir semester pun menjadi berbeda. Pembuatan soal juga tidak bisa terlepas dari kompetensi inti, kompetensi dasar serta aspek dalam kurikulum 2022 dan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini belum pernah dilakukan, dan penulis mencoba untuk meneliti dengan secermat mungkin. Keaslian penelitian ini dengan belum pernah terpecahkannya masalah dalam penelitian ini.

    Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mendeskripsikan lebih mendalam seputar komposisi aspek Pembuatan Esai dan aspek Pembuatan Laporan Penelitian dan Hasil Kegiatan pada soal ujian akhir semester untuk Perguruan Tinggi dengan kurikulum yang berbeda pada tahun pelajaran yang sama. Selain itu, peneliti juga ingin memaparkan kesesuaian soal ujian akhir semester dan komparasi soal ujian akhir semester untuk Perguruan Tinggi di Jakarta dan Surabaya. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk mengadakan penelitian bahasa dengan judul “ Komposisi Aspek Pembuatan Esai dan Aspek Pembuatan Laporan Penelitian dan Hasil Kegiatan pada Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022 di Universitas Siber Asia Jakarta”.

soal-uas-62fac10e3555e41f8873ec65.jpg

Dari tesis di atas, dapat dibuatkan rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut:

1. Bagaimana komposisi aspek Pembuatan Esai dan aspek Pembuatan Laporan Penelitian dan Hasil Kegiatan pada soal ujian akhir semester genap mata pelajaran bahasa  Indonesia untuk Perguruan Tinggi tahun pelajaran 2021/2022 di Universitas Siber Asia Jakarta?

2. Bagaimana kesesuaian antara soal dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada soal ujian akhir semester genap mata pelajaran bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi tahun pelajaran 2021/2022 di Universitas Siber Asia Jakarta?

3. Bagaimana komparasi soal ujian akhir semester genap mata pelajaran bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi tahun pelajaran 2021/2022 di Universitas Siber Asia Jakarta?

Perumusan masalah merupakan salah satu tahap yang penting dalam penentuan tahap-tahap penelitian selanjutnya. Rumusan masalah dikatakan baik bila dapat menjadi petunjuk dalam pengumpulan data dan sinkron dengan judul penelitian. Terdapat tiga macam rumusan masalah, yakni:

Rumusan masalah deskriptif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline