Hendri Sutandinata Maya Muncar - Arus perkembangan bisnis mengalam peningkatan yang cukup tajam saat ini. Kondisi ini diibaratkan "mati satu tumbuh seribu", dimana saat satu bisnis mengalami kebangkrutan, bisnis yang bergerak pada bidang yang sama mulai bermunculan ke permukaan.
Perkembangan dunia bisnis harusnya disambut dengan baik, karena secara tidak langsung akan memperluas lapangan pekerjaan di tanah air. Hendri Sutandinata Maya Muncar juga mengatakan, di sisi lain dengan banyaknya bisnis yang bermunculan, cadangan kas negara juga akan bertambah.
Namun, para pebisnis seringkali menjadi takut terkena perkembangan bisnis karena menimbulkan persaingan yang cukup ketat, terutama untuk bisnis yang bergerak di bidang yang sama. Sehingga ada kalanya juga bisnis mengalami stuck atau terhenti secara tiba-tiba.
Agar bisnis semakin berkembang, Anda bisa mengaplikasikan tips-tips yang akan dijelaskan oleh pimpinan PT Maya Muncar, Hendri Sutandinata berikut ini :
Lakukan Pengukuran Kinerja Setiap Tahun
Perkembangan bisnis dapat diketahui dengan cara menilai bisnis sevara keseluruhan. Mulai dari unit manajemen, produksi, keuangan sampai dengan pemasaran.
Semuanya harus dikoreksi secara menyeluruh untuk mengetahui ukuran kinerja yang sudah dilakukan selama periode tertentu.
Penilaian atau pengukuran kinerja ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk memperbaiki performa perusahaan di masa yang akan datang. Sehingga dengan begitu, grafik pertumbuhan perusakaan akan bergerak ke arah yang positif setiap tahunnya.
Produksi Produk Berkualitas
Memang tidak bisa dipungkiri jika kualitas produk menjadi komponen yang penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Inilah sebabnya kenapa sebuah bisnis harus mampu memproduksi produk berkualitas untuk dijual kepada para konsumen.
Kualitas menjadi salah satu faktor penting karena sangat menentukan umur ekonomis sebuah produk. Jika produknya berkualitas, maka produk tersebut otomatis lebih awet dan tahan lama. Sehingga kualitas produk pun semakin di butuhkan di era modern ini gara mampu bersaing.