Lihat ke Halaman Asli

Jendry Kremilo

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma

Salah Kaprah tentang Healing

Diperbarui: 11 Mei 2022   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : dreamstime.com

Beberapa waktu terakhir ini, Istilah "Healing" begitu akrab di telinga kita. Kata "healing" sering digunakan di lingkungan masyarakat sekitar. Namun sebenarnya peletakan kata "healing" pada beberapa kalimat tertentu malah sebenarnya tidak merujuk kepada definisi kata "healing" itu sendiri

Sepengamatan saya, ada yg pernah bilang begini : Aku butuh "healing", aku mau ke pantai. Aku lagi healing nih di Caffe A, makanannya enak tau cocok untuk ku yang sedang butuh "healing" ini. 

Ada juga seseorang teman yang senang mendaki gunung, lalu memposting salah satu foto di salah satu social media pribadinya dengan caption, "Hay Guys, aku lagi healing nih di Gunung B" dan masih ada beberapa lagi kalimat lain yang begitu menarik perhatian saya sehingga saya menulis tentang ini.

Dear teman-teman, Emang Iyaa, kalian sedang "healing"?? Sebenarnya kalian tau ndak sih "healing" itu apa? atau jangan-jangan kalian itu sedang Refreshing, Me time, break and take a rest, atau lagi melakukan salah satu hobby??

Yuk, kita bahas apa itu Healing...

Menurut definisi, Istilah "healing" adalah suatu rangkaian proses yang dibutuhkan agar sesuatu menjadi sehat, sembuh dan pulih kembali. (Source Of Oxford Dictionary and Google Translete) 

Nah, Jika "healing" digunakan pada konotasi fisik, maka maknanya adalah proses penyembuhan yang dilakukan pada luka fisik (bagian tubuh yang coba untuk dipulihkan), maka aspek "healing" yang dibutuhkan adalah dengan mengunjungi dokter, atau nurse untuk pengobatan, Apotek untuk beli obat, atau mungkin Puskesmas terdekat.

Jika kata "healing" digunakan dalam aspek luka/goncangan psikis contohnya seperti : kesedihan, kekecewaan, patah hati atau peristiwa lain yang memicu sebab terjadinya depresi atau trauma pada seseorang, maka "healing" yang dimaksud adalah dengan mengunjungi ahli seperti halnya Pikolog, Konselor, atau jika level depresi dan trauma sudah sangat mengkhawatirkan maka disarankan untuk konsultasi dengan Psikiater. Ya, minimal melakukan meditasi ringan seperti mindfullness.

Merujuk pada kedua sumber diatas, kata dasar "healing" yaitu "heal" berasal dari Bahasa Inggris yang termasuk dalam kategori verb, yang mana heal memiliki arti menyembuhkan, sembuh, dll.

Mengacu pada Thesaurus and Google Translete, beberapa sinonim untuk kata "healing" adalah : Currative, Cure, Invigorating, dll...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline