Lihat ke Halaman Asli

Hendra Wattimena

TERVERIFIKASI

Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

PlambonCast Akan Kembali Hadir dengan Episode Terbarunya

Diperbarui: 19 Februari 2022   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Instagram @PlambonCast

Podcast edukasi seputar dunia Perencanaan Wilayah dan Kota yakni Plamboncast, akan kembali hadir dengan episode terbarunya, setelah tayangnya season 1 (episode 1 dan 2). Kali ini, mereka akan kembali membahas topik menarik yaitu terkait dengan Peranan Penting Sistem Informasi Geospasial dalam Perencanaan Wilayah dan Kota.

Baca Juga: Mengetahui Lebih Dekat Peranan Penting Sistem Informasi Geospasial dalam Perencanaan Wilayah dan Kota 

Pada season 2 tersebut, terdiri dari 2 episode.  Pada episode 1, akan membahas terkait pengenalan dasar SIG (Sistem Informasi Geospasial)  yang terdiri dari: pengertian SIG, komponen-komponen utama SIG, sejarah dan perkembangan SIG. Sedangkan pada episode kedua, akan membahas lebih dalam terkait dengan fungsi dan manfaat SIG dalam Perencanaan Wilayah dan Kota.

Plamboncast sendiri tayang pada aplikasi podcast yakni Spotify dan Anchor. Podcast yang digagas oleh tiga mahasiswa PWK Universitas Pattimura tersebut merupakan podcast yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai dunia Perencanaan Wilayah dan Kota yang belum banyak diketahui orang.

Topik-topik hangat dan up to date menjadi pembahasan yang akan mereka bahas, mereka berencana pada seasion berikutnya Plamboncast akan membahas topik seputar pemindahan ibu kota baru, yang sedang ramai diperbincangan banyak orang.

Bagi kalian yang belum pernah mendengar podcast ini atau baru mendengar namanya, maka kalian perlu menonton episode pertamanya (Season  1) yang berjudul "Apa sih, Plamboncast?" Di sini, mereka menjelaskan terkait dengan filosofi nama hingga hal-hal terkait dengan Plamboncast.

Sedikit bocoran, Plamboncast memiliki makna dan filosofi yang sungguh menarik. Plamboncast merupakan ide dari Angel Siahaya (founder), Hendra Wattimena, dan Atris Pattiasina yang terinspirasi dari podcast. Singkatan Plambon sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu "Planologi" dan "Ambon".

Kedua kata tersebut menjadi landasan dan simbolik tempat pembahasan mereka, dan menunjukan tempat di mana mereka bertiga tinggal yaitu dari kota Ambon. Untuk kata planologi sendiri, merupakan kata yang merujuk terhadap disiplin ilmu yang dimiliki oleh mereka bertiga. 

Planologi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu wilayah atau kota, termasuk unsur-unsur di dalamnya. Planologi adalah ilmu yang kompleks, melibatkan ilmu geografi, geologi, ekonomi, sosial budaya, politik, dan masih banyak lagi. Ilmu ini yang kemudian kita kenal sekarang dengan sebutan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK).

Sumber: Facebook PlambonCast

Kehadiran Plamboncast sendiri  didorong oleh berbagai keresahan mereka terhadap fenomena-fenomena tata ruang yang terjadi di sekitar mereka serta keresahan mereka sebagai mahasiswa yang kurang kritis melihat persoalan tersebut.

Mereka merasa bahwa mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura perlu lebih kritis dan dapat memberikan informasi serta sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan apa yang terjadi. Plamoncast menjadi ruang aspirasi menyampaikan pandangan-pandangan terkait permasalahan tata ruang yang ditemui.

Silakan Dengarkan Juga: Podcast | PDKT Yuk dengan SIG

Sumber: Instagram @Plambon Cast

Apa yang menjadi keresahan mereka tersebut, kemudian dituangkan lewat obrolan singkat mereka di Plamboncast. Walaupun hanya bermodalkan media seadanya, mereka bertiga tetap semangat memberikan materi-materi menarik untuk didiskusikan. Bagi mereka jangan pernah berhenti berkarya walau dengan media seadanya, yang terpenting semangat dan kemanfaatan yang dibagikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline