Lihat ke Halaman Asli

Arief Muhammad, Influencer dengan Strategi Marketing "Out of The Box"

Diperbarui: 4 Juni 2022   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arief Muhammad bagi-bagi 100 Vespa gratis. (Foto: Instagram @ariefmuhammad) 

Muhammad Arief atau yang biasa disapa Arief Muhammad, pria kelahiran Batam, 26 Oktober 1990 lalu merupakan seorang influencer, selebgram, dan pengusaha. Sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat jika mendengar nama Arief Muhammad, pengusaha muda sekaligus influencer yang sukses dan memiliki berbagai macam bisnis.

Beberapa waktu kebelakang, Arief Muhammad dikenal dengan influencer yang menciptakan istilah “ikoy-ikoyan” yang berhasil menarik perhatian masyarakat. Sehingga menciptakan persepsi di masyarakat bahwa hal tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh Arief Muhammad. 

Pada tahun 2010, ia dikenal dengan sebutan Poconggg di twitter karena ia menulis buku berjudul Poconggg juga Pocong dan telah diangkat menjadi film layar lebar oleh rumah produksi Maxima Pictures. Awalnya tak ada satupun yang mengenal siapa orang dibalik akun twitter Poconggg. Tak jarang kicauannya menjadi trending topik global. Dan setelah identitasnya terbongkar, Arief Muhammad menjadi sangat dikenal.

Perjalanan Arief Muhammad dalam dunia entertain terus berlanjut, ia juga mendapatkan kesempatan sebagai perwakilan indonesia untuk mengikuti promosi dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti proses syuting bersama dengan tim produksi film Thor: Ragnarok di Sydney, Australia. Dalam film tersebut, Ia dan istrinya (Tiara Pangestika) akan berperan sebagai Saakarian atau rakyat Planet Sakaar.

Arief Muhammad dikenal sebagai pengusaha muda sukses sekaligus influencer yang sukses. Ia sukses memiliki beberapa bisnis dari berbagai sektor. Ia juga dikenal sebagai influencer dengan sejuta strategi marketing, karena banyak sekali strategi marketingnya yang tidak bisa ditebak oleh audience. Strategi marketing yang unik dan menarik menjadikan perhatian masyarakat dan tidak menyadari bahwa itu adalah sebuah marketing.

Pada Oktober 2020, sempat digemparkan oleh Arief dengan strategi marketingnya. Ia memasang baliho besar dengan foto dirinya dan dibubuhi oleh kalimat “Siap menjadi nomor 1 di Indonesia”. Baliho ini nampak seperti seorang politikus yang akan mendeklarasikan dirinya sebagai calon pejabat pemerintahan. 

Memang strategi ini jarang sekali dilakukan oleh influencer maupun perusahaan akhir-akhir ini. Dan akhirnya Arief Muhammad melakukan klarifikasi bahwa baliho tersebut merupakan sebuah rebranding dari sebuah brand fashion “Prepp Studio”.  

Tak hanya itu, akhir-akhir ini Arief Muhammad dan Prepp Studio melakukan strategi marketing yang menghebohkan pengguna Instagram. Mereka akan membentuk sebuah club Vespa yang terdiri dari 100 orang, dengan memberikan secara cuma-cuma vespa limited edition Prepp Studio. Vespa tersebut telah dibagikan kepada rekan sesama influencer dan artis serta netizen Instagram dengan challenge-challenge yang cukup unik. 

Arief bersama Prepp Studio membagikan vespa dengan cara yang unik, seperti bermain tebak-tebakan di kolom komentar Instagram, challenge outfit menggunakan produk Prepp Studio, sampai mengadakan sebuah games “Take Over Jakarta” di 8 lokasi berbeda. Antusiasme masyarakat juga sangat tinggi terhadap games ini dan sampai memenuhi lokasi diselenggarakannya acara tersebut.

Sebenarnya apa yang dilakukan Arief Muhammad dalam bisnis tersebut? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline