Lihat ke Halaman Asli

Mengajar Musik di SD

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sulitkah Mengajar Musik di SD?

Banyak orang yang mengatakan bahwa mengajar musik itu sulit. Sebenarnya mengajar musik di SD itu tidak sulit. Bagi seorang Guru yang akan mengajar musik terutama untuk anak SD bagi yang kemampuannya kurang memahami tentang musik, disarankan Guru lebih menggunakan pendekatan mendengarkan musik, penggunaan buku-buku praktis, bila perlu meminta anak mencoba memainkan menurut tuntunan yang ada.

Selaian pendapat diatas, diharapkan juga seorang guru dalam mengajar musik harus bisa membuat suasana belajar menjadi PAKEM, sehingga materi yang akan disampaikan bisa menjadi yang menyenangkan dan tidak terkesan monoton. Sesuatu hal yang monoton kadang bisa membuat anak menjadi bosan. Jika sesuatu hal yang dibawakan dengan menyenangkan pasti akan diingat terus oleh anak.

Seorang Guru juga harus bisa menyediakan tempat yang nyaman dalam mengajar, dalam hal ini guru harus bisa membuat tempat yang membuat anak bisa mendengarkan musik yang akan didengarkan. Tak lupa juga seorang Guru harus bisa membuat media tentang materi yang akan disampaikan. Media yang dibuat harus mudah dipahami oleh anak.

Dalam mengajar musik seorang Guru hendaknya harus bisa menyampaikan materi yang benar-benar bisa dimengerti oleh anak, sehingga anak bisa mengikuti dengan mudah materi yang akan disampaikan. Diharapkan anak bisa menemukan sesuatu hal yang berbeda dari materi musik yang dipelajarinya, sehingga anak akan merasa penasaran dan ingin mencobanya sampai rasa penasaran itu bisa dijawab. Dengan kata lain anak akan berusaha memperhatikan materi yang disampaikan seorang Guru.

Seorang Guru tidak boleh menuntut anak dididknya harus bisa menguasai dengan baik materi musik yang akan disampaikan, karena musik itu datangnya dari dalam hati. Setidaknya anak mengerti hal yang telah dipelajarinya barusan. Guru harus mengajarinya dengan pelan-palan dan tidak tergesa-gesa sehingga semua anak bisa mengikutinya dengan baik (terutama anak yang kemampuannya kurang).

Musik yang datangnya dari dalam hati pasti akan terasa sangat indah dan akan membuat orang yang mendengarkannya terasa nyaman sehingga tidak akan bosan untuk mendengarkannya lagi.

Dari sini diharapkan seorang Guru dalam mengajarkan musik hendaknya dari dalam hati sehingga anak akan merasa nyaman dan juga Guru harus menerapkan pada jiwa anak bahwa musik itu datangnya dari dalam hati. Maka dalam mempelajarinya harus benar-benar dirasakan sehingga akan tahu mana musik yang dari hati atau bukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline