Lihat ke Halaman Asli

hendra setiawan

TERVERIFIKASI

Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

11 Tips Mudik Nyaman, Rumah Aman

Diperbarui: 30 April 2022   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memastikan rumah aman sebelum ditinggal mudik (Foto: shutterstock.com)

Lebaran tinggal menghitung hari. Setelah dua tahun tak bisa menikmati ritual mudik karena pandemi Covid-19, tahun 2022 ini, mudik bisa dijalankan kembali. Tentunya dengan tetap menjaga diri dengan baik, sebab pandemi belum benar-benar usai.

Mudik besama dengan anggota keluarga satu rumah untuk beberapa hari lamanya, tentu saja butuh perhatian ekstra. Apalagi jika tradisi mudik ini dilakukan secara bersamaan dengan para tetangga, yang juga melakukan hal yang sama. Kampung menjadi lebih sepi. Tinggal penghuni yang asli warga situ, atau mereka yang tak punya tradisi mudik. Kepada mereka, keamanan kampung dititipkan.

Nah, bagi yang sedang bepergian saat ini, mempersiapkan agar rumah aman saat mudik menjadi faktor yang sangat penting. Jangan sampai karena keteledoran, rumah jadi sasaran pencuri/perampok. Atau juga terhindar dari bahaya lain, seperti korsleting listrik sebagai pemicu kebakaran.

Saran Praktis

Tips praktis buat para pemudik dalam menjaga keamanan rumah ini barangkali ada manfaatnya.

1. Mengamankan kendaraan pribadi, jika bepergiannya tidak menggunakan milik sendiri. Pastikan aman dalam keadaan terkunci.

2. Demikian juga dengan pintu dan jendela yang ada. Pastikan tertutup atau terkuci rapat. Kalau merasa belum cukup, bisa ditambahkan teralis besi sebagai pengamanan ganda.

3. Bawa saja kunci-kunci pengaman tersebut. Ubah kebiasaan lama seperti jika hendak bepergian sebentar, menaruh kunci di bagian tertentu di bagian rumah.  Jangan pernah meninggalkannya di tempat yang biasanya, walau selama kebiasan itu aman-aman saja.

4. Mematikan semua peralatan listrik dari stop kontak. Alat-alat elektronik yang tak terpakai selama ditinggal mudik bisa dikondisikan terlepas dari sambungan listrik. Misalnya TV, AC, kipas angin, kulkas, dispenser, dan lain-lain.

5. Perkecualian di atas, khusus untuk  beberapa lampu penerang halaman/rumah, seperti teras depan atau lampu yang dekat jalan umum, bisa dibiarkan menyala. Lebih baik jika ini memakai alat tambahan on off lampu otomatis. Selain bisa menghemat listrik, juga sebagai penangkal tanda bahwa rumah sedang tidak berpenghuni.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline