Lihat ke Halaman Asli

hendra setiawan

TERVERIFIKASI

Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

TGIF: "Jangan Lupa Bahagia"

Diperbarui: 25 Februari 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jualan murah buat warga yang membutuhkan (foto: koleksi pribadi)

Ah, senangnya mendapat sapaan pagi seperti judul ini. Apalagi jika terdapat untaian kalimat-kalimat indah yang bisa memberikan semangat dan inspirasi dalam menjalani satu hari lagi.

Hari ini, hari Jumat. Di media sosial kerap ditemukan istilah atau tagar yang menyertakan huruf TGIF.

Apa sih sebenarnya maksud dari kata ini? Usut punya usut, TGIF adalah kependekan dari idiom bahasa Inggris, "Thanks God It's Friday."

Jika diterjemahkan secara sederhana, artinya adalah  "Terima kasih Tuhan, ini sudah hari Jumat".  Ya, cuma hari Jumat saja adanya. Tidak atau belum ada istilah lain yang khusus merujuk sebuah hari.

Paling umum biasanya adalah kata sambung seperti "Happy Sunday". Pernyataan untuk menunjukkan hari libur atau hari Minggu yang bahagia, sukacita, ceria.

Berbanding terbalik dengan TGIF, ada ungkapan "I hate Monday". Sebuah istilah yang mengungkapkan kekesalan. Benci pada hari Senin, karena biasanya Senin beban pekerjaannya lebih berat ketimbang hari-hari lainnya.

Tentu saja, karena Senin juga menjadi hari pertama bekerja dalam hitungan sepekan. Setelah libur di hari Minggu atau Sabtu-Minggu, Senin sudah melakukan aktivitas rutin kembali.

TGIF adalah salah satu cara mengekspresikan rasa bersemangat untuk menyambut datangnya hari Jumat. Hari yang dianggap istimewa di sebagian kelompok masyarakat.

Jumat adalah hari terakhir untuk beraktivitas sebelum memasuki akhir pekan. Tapi ini untuk mereka yang mendapat libur dua hari. Kalau Sabtu tetap masuk, meskipun setengah hari, tentunya tak punya slogan TGIF, hehe...

Kalau di luar negeri (termasuk sebagian jenis pekerjaan di Indonesia), para pekerja biasanya juga mendapat gaji di hari Jumat, sebab mereka memakai sistem gaji per pekan. Bukan bulanan seperti yang umum kalau pekerja kantoran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline