Lihat ke Halaman Asli

Hendi Setiawan

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Bahasa Indonesia atau Civics?

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa Indonesia apa Civics, pertanyaan yang timbul dalam benak saya setelah membaca soal Ujian Nasional bahasa Indonesia untuk SMA, lihat  gambar yang dikutip dari detiknews , yang bersumber dari pasangmata.com.

Beberapa catatan tentang kurangnya nuansa pelajaran bahasa Indonesia pada narasi di atas:

  • Dari sisi bahasa Indonesia kata blusukan walaupun tergolong kosa kata populer di media massa, apakah sudah resmi masuk sebagai kosa kata resmi bahasa Indonesia dan pantas menjadi salah satu soal ujian bahasa Indonesia? Demikian mudahnya sebuah kata diserap oleh bahasa Indonesia, seolah-olah tanpa filter lagi.
  • Kaitan antara kutipan biografi dengan pilihan pertanyaan kelihatannya bukan hanya  mengarah pada  pilihan jawaban yang mengandung kata blusukan, sebuah kata bahasa daerah yang tampaknya sedang diangkat menjadi kata serapan, tetapi juga pada si pelaku blusukan.
  • Soal ini lebih tepat untuk diujikan pada  soal ujian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau Pendidikan Kewargaan Negara, yang dahulu disebut Civics, karena menguji pengetahuan para siswa tentang  seorang pejabat daerah berpangkat Gubernur.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus mengevaluasi kompetensi pengetahuan bahasa Indonesia si pembuat soal dan para pejabat atau tim yang meloloskan soal tersebut menjadi soal ujian nasional. Dalam situasi politik yang lumayan panas seperti sekarang seharusnya soal-soal ujian yang dikaitkan dengan seorang peserta pemilihan Presiden dihindarkan saja, banyak pilihan biografi pahlawan nasional untuk diangkat menjadi soal ujian murid-murid yang sebagian besar sudah punya hak pilih itu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline