Artikel ini dibuat untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Prodi Manajemen Univesitas Trilogi untuk Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran dengan dosen pengampu Dr. Kabul Wahyu Utomo,SE.,M.Si.
Komunikasi Pemasaran sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Dalam komunikasi pemasaran terdapat pesan iklan yang harus disampaikan kepada sasarannya oleh MEDIA melalui penggunaan sarana media. Dalam artikel ini, akan dijelaskan salah satu media periklanan dalam melakukan komunikasi pemasaran yaitu Media Iklan Radio.
Media iklan Radio:
RADIO : Stasiun radio dilisensikan oleh Komisi Komunikasi (lembaga yang dikendalikan pemerintah) untuk beroperasi demi kepentingan umum. Beberapa karakteristik mereka adalah:
Mereka menggunakan gelombang udara untuk menyiarkan pesan yang diterima di rumah oleh orang-orang yang telah membeli perangkat penerima.
Mereka dioperasikan oleh perusahaan swasta, berlisensi untuk menyiarkan program di radio dan televisi.
Mereka diatur waktu – menjadwalkan program dan iklan berdasarkan jam dalam sehari.
Mereka menjual unit waktu kepada pengiklan.
Mereka memiliki jaringan stasiun untuk disiarkan secara bersamaan di banyak bagian negara.
Mereka dapat menyiarkan secara internasional.