Lihat ke Halaman Asli

Hen Ajo Leda

TERVERIFIKASI

pengajar dan pegiat literasi, sekaligus seorang buruh tani separuh hati

Peran dan Strategi Pemerintah Desa Mendorong Digitalisasi UMKM

Diperbarui: 15 Mei 2024   09:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM. (Sumber Gambar: Kompas.id, 28 September 2020)

Peran dan Strategi Pemerintah Desa Mendorong Digitalisasi UMKM

Beberapa waktu lalu, saya diundang sebagai pembicara dalam kegiatan diskusi publik yang diselenggarakan oleh Yayasan Insan Mbay Mandiri, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo. 

Acara tersebut bertemakan Optimalisasi Peran Pemerintah Desa dalam Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), suatu topik yang semakin relevan dalam konteks perkembangan ekonomi lokal.

Diskusi ini merupakan forum interaktif yang mengumpulkan para kepala desa, perangkat desa, serta pegiat UMKM untuk bertukar pengalaman dan ide-ide inovatif dalam menggalakkan digitalisasi UMKM. 

Sekaligus menjadi ajang kolaborasi yang memungkinkan berbagai pihak untuk saling berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan merancang langkah-langkah konkrit untuk mendukung digitalisasi UMKM. 

Tujuannya adalah untuk menjelajahi kontribusi penting desa dalam mendorong adopsi teknologi digital dalam skala usaha mikro, kecil, dan menengah. 

Sebagai seorang pengajar ilmu pemerintahan, saya mencoba mengemas ide dan konsep diskusi dari perspektif tata kelola pemerintahan dalam mengembangkan digitalisasi UMKM di desa. Tata kelola pemerintahan desa yang baik adalah kunci utama dalam merancang dan melaksanakan kebijakan yang efektif untuk mendukung digitalisasi UMKM.

Digitalisasi UMKM: Peluang, Masalah dan Peran Pemerintah Desa

Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sebuah keniscayaan di era teknologi informasi saat ini. Semenjak pandemi, transformasi digital menjadi motor penggerak pertumbuhan UMKM dan terus meningkat. 

Data MSME Empowerment Report (2022) menunjukkan bahwa 83,8% pelaku UMKM telah melakukan digitalisasi atau memanfaatkan teknologi untuk mendukung operasional bisnis mereka. Hal ini memberikan peluang bagi UMKM untuk beralih dari perdagangan tradisional ke tren baru yang menerapkan teknologi digital (https://dailysocial.id, 30 Maret 2023).

Digitalisasi menjadi penting bagi UMKM karena beberapa alasan, yaitu: 

Pertama, dengan digitalisasi, efisiensi dan produktivitas bisnis dapat ditingkatkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline