Lihat ke Halaman Asli

Media Hembusan

Hembusan informasi terkini, teraktual dan terpercaya

Kanwil Kemenkumham Sumsel Siap Tingkatkan Mutu Perseroan Perseorangan dan PMJ

Diperbarui: 7 Maret 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sub Bidang AHU Kanwil Kemenkumham Sumsel (hembusan.com)

Palembang, Hembusan.com - Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Yenni, didampingi Kepala Subbidang Pelayanan AHU, Riyan Citra Utami beserta jajaran, melaksanakan koordinasi ke Ditjen AHU terkait Perseroan Perseorangan dan Pemilik Manfaat Pengguna Jasa (PMPJ), Senin (7/3)

Tim Kanwil Sumsel melakukan koordinasi ke Ditjen AHU dengan menemui Direktur Perdata, Santun Maspari Siregar, yang menjelaskan bahwa Perseroan Perorangan adalah sebuah terobosan dan perseroan pertama di dunia yang memungkinkan untuk didirikan cukup oleh satu orang yang dapat secara bebas menentukan besaran modal usaha.

"Perseroan Perorangan adalah upaya untuk menjamin kepastian hukum bagi usaha mikro di Indonesia dan merupakan reformasi besar terhadap birokrasi yang ada," jelas Santun. Ia juga menjelaskan bahwa badan hukum yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian Indonesia yang saat ini tengah melemah.

Sementara itu, mengenai kepatuhan pengawasan PMPJ diperoleh penjelasan bahwa untuk memastikan notaris yang akan diaudit sudah atau belum menerapkan PMPJ. "Ada lima transaksi yang wajib untuk menerapkan PMPJ, yaitu pembelian dan penjualan properti; pengolahan terhadap uang, efek, dan/atau produk jasa keuangan lainnya; pengelolaan rek giro, rek tabungan, rek deposito dan/atau rek efek; pengoperasian dan pengelolaan perusahaan, dan/atau pendirian pembelian dan penjualan Badan Hukum," jelas santun kepada Tim Kanwil Sumsel. (*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline