Lihat ke Halaman Asli

Helvi Yusnita

mahasiswa

Kelestarian Sungai Gelombang di Kabupaten Kampar

Diperbarui: 13 Juni 2024   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Geliat Pariwisata alam Kampar begitu mempesona, salah satu Tempat yang saat ini sedang viral di Media sosial yakni Sungai gelombang yang merupakan cabang sungai  Kampar , Jl. Pulau Mesjid, Sipungguk, Kec. Salo, Kabupaten Kampar.

Dikatakannya bahwa saat ini Sungai gelombang merupakan berkah dari Allah SWT,  Dengan tinggi air yang tidak  dalam ditambah lagi dengan batu-batuan didasar sungai yang menyuguhkan pemandangan air yang bergelombang, bunyi pergerakan air Ketika terkena batu-batuan, menambah indahnya Sungai gelombang ini.

Sungai gelombang digunakan sebagai sarana umum bagi masyarakat setempat seperti mandi, mencuci, mencari ikan dan lainnya. Bahkan diawal bulan Ramadhan sebagi tradisi turun temurun, Sungai gelombang dijadikan tempat balimau kasai bagi Masyarakat sekitar.

Sungai gelombang kini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di kabupaten Kampar. Hal ini mungkin disebabkan seringnya Masyarakat berswafoto dan menguploadnya kemedia sosial. Kabar ini kemudian menyebar dan kondisi Sungai gelombang yang awal tidak begitu ramai kini sangat diminati oleh pengunjung.

Sungai gelombang yang kini sudah dilengkapi dengan gazebo kecil dipinggirnya tempat para pedangan berjualan dan menyewakan pelambung atau tikar. Selain itu juga dilengkapi dengan kamar ganti dan tempat parkir.  

Hal ini memberikan peningkatan ekonomi bagi Masyarakat sekitar. Namun demikian penggeloaan yang tepat sangat dibutuhkan bagi keberlanjutan kelestarian Sungai gelombang. Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi jika Sungai gelombang tidak dikelola dengan baik seperti pencemaran air akibat sampah, kerusakan ekosistem, erosi tanah dan punurunan kualitas air.

Penting untuk penerapan praktik eksploitasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Pengawasan yang ketat, pengelolaan yang bijaksana, serta kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan Sungai dapat diperlukan untuk melindungi Sungai gelombang dan ekosistemnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline