Lihat ke Halaman Asli

helna santika

no one , God with Me

Politik di Generasi Milenial

Diperbarui: 22 Juni 2021   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

POLITIK DIGENERASI MILENIAL

Publik seringkali menganggap remeh kaum milenial sebagai kelompok usia yang belum cukup matang, masih bergantung pada bantuan orangtua dan masih sangat jauh dari dunia perpolitikan . Unjuk rasa mahasiswa di beberapa daerah belakangan ini yang menentang keadaan politik saat ini, mematahkan persepsi publik. 

Kaum milenial ternyata mampu menunjukkan sikap politik serta daya kritisnya saat kebijakan pemerintah dan wakil rakyat berseberangan jauh dengan harapan publik. Berbeda dengan generasi sebelumnya, kaum milenial secara umum merupakan hasil pendidkan oleh orangtua yang cukup mapan secara ekonomi dan paling banyak memberikan pengawasan kepada anak-anaknya.

Kalangan anak muda memberikan keuntungan bagi partai politik apabila masukan pendidikan politik pada kalangan ini diberikan secara intensif sebab kesadaran berpolitik yang tinggi dan demokrasi dalam proses politik pasti akan terwujud. Pendidikan politik penting bagi anak muda karena mereka adalah generasi pemilih di masa yang akan datang. Ketidak ikut serta dalam proses pemilihan umum karena siapa pun yang akan terpilih nantinya tidak akan mampu mengubah bangsa ini menjadi lebih baik, korupsi di mana-mana dan hak suara yang digunakan dapat dikatakan menjadi sia-sia.

Maka dari itu saya berpikir kembali akan pentingnya partisipasi politik dalam mewujudkan demokrasi politik. Sudah sepantasnya anak muda membuka wawasan politik agar apapun opini publik yang diberikan terkait proses politik jangan diterima begitu saja secara mentah. Lihat sisi lainnya, sebab satu suara dalam pemilihan umum akan menentukan ke mana arah bangsa ini nantinya. Memilih bukanlah hal yang mudah, namun tidak memilih bukanlah sikap yang bijak.

 Anak muda juga memiliki peran politiknya. Tugas partai politik adalah melibatkan kalangan anak muda melalui program-program yang terorganisir.  Kita sangat memerlukan generasi anak muda yang bersedia ikut berjuang bersama demi kemajuan negara melalui politik. Kita sangat memerlukan generasi anak muda yang bersedia ikut berjuang bersama demi kemajuan negara melalui politik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline