Lihat ke Halaman Asli

Helmy Tamrela

Mahasiswa Biologi Universitas Indonesia

Mengenal Biota Laut: Caulerpa lentillifera, Nikmatnya Anggur Laut Bernutrisi

Diperbarui: 12 Desember 2020   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mukbang anggur laut (Caulerpa lentillifera). [Sumber: TracyN ASMR - Youtube]

Pernahkan kamu melihat anggur laut? Rumput laut berbentuk anggur berisi cairan yang ketika digigit akan pecah di dalam mulut. Mungkin beberapa dari kita pernah melihat anggur laut menjadi salah satu makanan utama dalam video mukbang. Teksturnya yang renyah dan sensasi unik menjadikannya sebagai makanan yang digemari banyak orang. Yuk kita kenali jenis alga yang satu ini!

Struktur dan variasi morfologi Caulerpa sp. [Sumber: Zubia dkk. 2019]

Anggur laut (Caulerpa sp.) atau sea grapes merupakan alga yang tumbuh di laut. Alga ini sering disebut pula sebagai green caviar, latoh (Jawa), bulung boni (Bali), dan lawi-lawi (Sulawesi). Bagian tubuhnya terdiri atas rizoid, stolon dan asimilator. Variasi percabangan dan bentuk ramuli merupakan karakter yang digunakan dalam menentukan jenis anggur laut. Caulerpa lentillifera merupakan jenis yang sering dikenal sebagai 'anggur laut' karena bentuk ramulinya yang bulat seperti anggur (vesikel). Selain anggur laut, terdapat pula jenis lainnya yaitu, blarak (Caulerpa racemosa), dan telon (Caulerpa sertulariodes). Ketiga jenis alga tersebut merupakan anggur laut yang dikembangkan di BBPBAP Jepara. 

Habitat dan Distribusi

Distribusi Caulerpa lentillifera. [Sumber: aquamaps.org]

Caulerpa lentillifera J. Agardh (1837) merupakan jenis anggur laut yang berasal dari kelompok Ulvophyceae. Anggur laut tersebar di laut Hindia: Arab Saudi hingga Afrika Selatan, laut Pasifik: Jepang, laut cina selatan, Indonesia, Filipina, Australia, hingga Hawaii. Anggur laut hidup pada habitat laut tropis dengan kedalaman laut berkisar antara 1-59 m. Biasanya, anggur laut ditemukan pada perairan yang tenang dengan substrat berpasir-berlumpur. Salinitas perairan habitat anggur laut berkisar antara 25-30%

Kandungan Nutrisi

Kandungan Nutrisi Eucheuma cottonii, Caulerpa lentillifera, dan Sargassum polycystum. [Sumber: Matanjun dkk. 2009]

Caulerpa lentillifera memiliki kandungan nutrisi yang beragam, mulai dari karbohidrat, asam amino, lipid, vitamin, dan senyawa lainnya. Nutrisi yang terkandung juga cukup tinggi. Anggur laut sangatlah bernutrisi dan memiliki khasiat sebagai pembersih darah, antioksidan, anti kanker, dan anti tumor. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Arenajo dkk. (2017), anggur laut memiliki potensi senyawa antikoagulan dari kandungan sulfated polysaccharide-nya. Anggur laut merupakan kandidat sumber pangan bernutrisi dengan keamanan pangan seiring bertambahnya jumlah penduduk. Cita rasa asli dari anggur laut cenderung gurih agak asin, namun kita dapat mengolahnya menjadi tawar dengan cara direndam dalam air tawar.

Masih penasaran bagaimana sensasi meletus-meletus saat anggur laut digigit? Yuk tonton video ASMR mukbang dari TracyN berikut!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline