Lihat ke Halaman Asli

Teknologi Masa Depan Super Canggih

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kita sudah memasuki era modrenisasi yang semuanya serba praktis tanpa harus menggunakanwaktu yang cukup lama contohnya saja kita dulu menggunakan surat menyurat untuk berkomunikasi dengan kerabat atau sahabat kita setelah itu caraberkomunikasi mengalami evolusi yang tadinya menggunakan surat menjadi menggunakan hand phone yang mudah dan praktis dari tahun ke tahun cara berkomunikasi mengalami perkembangan yang sangat cepat orang – orang mulai berinovasi untuk membuat cara berkomunikasi dengan sangat cepat bahkan bisa berkomunikasi sampai ke luar negeri sekalipun yaitu telah ditemukannya jejaring sosial seperti facebook, twitter, yahoo massagger, instragram dan sebagainya. Sekarang orang – orang tidak hanya menggukan sosial media saja untuk berkomunikasi akan tetapi menggunakan jam tangan yang multifungsi yaitu jam tangan hand phone, jam tangan hand phone ini sudah di produksi oleh beberapa perusahaan dengan menggunakan jam tangan ini penggunanya tidak perlu lagi membawa hand phone yang begitu besarnya bahkan ini juga aman dari pencurian jadi komunikasi pada saat ini mudah dilakukan hanya menggunakan sebuah jam tangan kita bisa terhubung dengan seseorang walau dengan jarak yang cukup jauh.

Selain dari Teknologi komunikasi, sekarang para ilmuwan sedang mengembangkan suatu energi yang disebut dengan energi matahari. Energi matahari ini setiap detiknya, mengeluarkan energi sebesar seluruh energi yang digunakan seluruh umat manusia sepanjang sejarahnya. Energi plasma hidrogen raksasa sebesar 380 Milyar-milyar Mega-Watt (380^26 MW), per detiknya. Inilah energi yang dikenal sebagai energi Fusi Nuklir (Nuclear Fusion). Sebuah percobaan telah dilakukan di kota kecil Cadarache di ujung selatan Perancis dalam sebuah proyek ITER. Disini atom Deuterium dan Tritium dilebur dengan panas mencapai 150 juta derajat Celcius, nyaris 10 kali panas inti Matahari. Wadah peleburannya dilindungi oleh medan magnet Tokamak sehingga tidak meleleh.

Hebatnya Deuterium tersebut bisa dihasilkan dari air laut biasa dan Tritium dibentuk dari Lithium yang bisa didapat dari batu alam. Tak menyangka bahwa energi terdahsyat ini berasal dari air dan batu alam jika para ilmuwan berhasil menciptakan Deuterium dan Tritium tersebut, maka seluruh dunia akan memiliki sumber energi baru yang dahsyat menggantikan minyak bumi yangterbatas, tidak ramah lingkungan, dan sangat mahal sedangkan energi matahari ini begitu besar dan efisien, tidak terbatas, sangat murah, serta ramah lingkungan.

Selanjutnya kita akan memasuki teknologi masa depan berupa mesin tetapi mesin yang dimaksud tidak berukuran besar melainkan berukuran sangat kecil seukuran partikel, mesin kecil ini disebut dengan nanoteknologi. Tujuan dari penciptaan nanoteknologi yaitu menciptakan material-material baru masa depan, bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya. Dengan adanya nanotekonologi ini Kita bisa menciptakan baju anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran bakteria, nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia. Fungsinya bisa dari menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, bahkan memperkuat tubuh manusia. Nanobots ataupun nanoparticles bahkan nantinya diperkirakan juga akan bisa kembali menutup lubang ozon.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline