Lihat ke Halaman Asli

Sumbang Saran Untuk Management PSS Sleman

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1401938255373839239

[caption id="attachment_327507" align="aligncenter" width="300" caption="sumber doc pribadi"][/caption]

PSS akhirnya sampai juga ke babak 16 besar divisi utama liga Indonesia musim ini. Tentu PR besar bagi management adalah untuk menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk memuluskan perjuangan PSS Sleman menuju ke babak 8 besar. Biaya akomodasi pertandingan home away yang tidak sedikit hingga bonus pemain yang lebih adalah kewajiban bagi management untuk memenuhinya. Mengandalkan "No Ticket No Game" sepertinya agak kurang bijak walaupun sebenernya tim ini mampu dengan kampanye positif itu. Mencari tambahan sponsor adalah salah satu yang seharusnya management lakukan sekarang ini, untuk membuat sayap Elja lebih kokoh di babak 16 besar. Sedikit sumbang saran saya untuk management yang mungkin bisa membantu PSS dalam mencari sponsor.

[caption id="attachment_324634" align="aligncenter" width="300" caption="sumber doc pribadi"]

1400570047243308367

[/caption]

1. Sharing Ide dan Gathering
Rasa rasanya sudah saatnya management PSS merangkul teman teman Sleman Fans (BCS, Slemania, fans Sleman) untuk duduk bersama mencari ide ide segar dan bekerja sama membuat promo PSS untuk menggaet sponsor. Saya yakin akan banyak ide ide segar dari Sleman Fans yang membantu PSS. Dari sekian banyak Sleman Fans menjadi marketing PSS saya bisa bayangkan akan terjadi banyak koneksi kerja sama disana.

2. Menyiapkan Promo dan Wadah Sponsor untuk Beriklan
Saya agak tidak setuju dengan pernyataan jika sponsor enggan mensponsori tim yang berlaha di DU. Saya pikir baik ISL atau DU yang lebih penting dari kerjasama sponsor adalah  nilai jual dari Sponsor setelah bekerja sama dengan tim tersebut. Tentu perusahaan akan memilih tim yang mempunyai nilai jual tinggi dan potensi tinggi. Saya pikir PSS Sleman mempunyai banyak sekali potensi nilai jual serta edukasi edukasi yang baik seperti " No Ticket No Game" dan "Support Your Local Team" yang bisa di jual di iklan product mereka. Untuk itu management perlu membuat promo tentang potensi PSS ini mungkin bisa dalam bentuk documenter video agar memudahkan calon sponsor melihat euforia dan potensi yang dimiliki PSS Sleman. Dan tentu saja wadah bagi sponsor untuk beriklan harus diperbanyak ini lebih disukai sponsor karena productnya akan lebih dikenal masyarakat. Misal dengan membuat website Official PSS Sleman, Kerjasama dengan UPT Stadion Maguwoharjo membuat neon box iklan di dinding luar stadion, dan tentu saja seperti biasa di adboard dalam stadion, jersey, dan ticket saat pertandingan. Dengan kreatifitas dan kerja keras saya yakin PSS bisa mendapatkan Sponsor yang berkelas sekalipun sekali lagi karena potensi itu ada.

3. Kerjasama Perusahaan yang satu Misi
PSS tentu mulai dini membidik sponsor potensial bagi PSS. Perusahaan dengan satu misi mungkin menjadi yang paling mudah diajak bekerja sama. Hotel misalnya di seantero Sleman ini ada banyak Hotel bahkan dari bintang 5 sampai sekedar losmen. Hotel tentu mempunyai misi yang sama yakni wisata, nah PSS Sleman sudah tak hayal lagi menjadi wisata olahraga yang mempunyai daya tarik tersendiri. Terbukti sudah banyak ditemui beberapa orang yang jauh jauh sengaja datang ke Sleman hanya untuk menyaksikan euforia Maguwoharjo bahkan lucunya bukan hanya lokal namun hingga wisatawan internasional, seperti cerita teman saya fans hamburg yang penasaran dengan Sleman di TifoTV sengaja hadir menengok ueforia gila Sleman Fans. Hal ini tentu bisa menjadi packet promo yang satu tema menarik bagi prusahaan tersebut. Bukan hanya itu saya pikir perusahaan camera, provider, handphone, minuman kesehatan, motor dll juga potensial bagi PSS Sleman.

[caption id="attachment_339128" align="aligncenter" width="300" caption="sumber doc pribadi"]

1408625843456322807

[/caption]

Tentu masih banyak lagi ide ide segar dari Sleman Fans yang bisa membantu management berjuang mencari sponsor untuk menambah amunisi financial bagi PSS Sleman. Mempunyai stadion unik bertaraf internasional, mempunyai supporter dewasa dan kreatif, mempunyai squad yang menjanjikan, dan mempunyai edukasi sepakbola modern adalah potensi PSS yang jarang di temui di Indonesia. Untuk itu bergeraklah management jangan tunda lagi!

"Adalah wadah mimpi besar bagi Sleman Fans, tempat berekspresi menuangkan kreatifitas dan tempat dimana belajar tentang kebersamaan dan kekeluargaan hingga bermuara pada sebuah kebanggaan, itulah PSS Sleman"

[caption id="attachment_339130" align="aligncenter" width="320" caption="doc pribadi"]

14086259241058935677

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline