Lihat ke Halaman Asli

Dua Pemuda Diskusi Seru Arti Pentingnya Kita untuk Melakukan Personal Branding

Diperbarui: 24 Mei 2022   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 5.1

   Diskusi malam hari senin tanggal 23 mei 2022 yang dipandu oleh salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yakni Helmi Ikhsan Fathkhurrahman dan mahasiswa Universitas Airlangga yang bernama Thoriq Haidar sangat lama dan seru dengan pembawaan tema "Self Improvement Era 4.0 : Build Your Personal Brand!" di unggahan instagram @hlmikhsan_ dan @thoriq_haidar. 

Dengan diawal dari perspektif dari saudara Helmi yang mengartikan bahwa personal branding itu adalah cara dan proses kita memperkenalkan diri kita kepada orang lain. Sederhananya, apa yang kita tampilkan, seperti itulah kita ingin bagaimana orang lain menilai kita. 

Entah itu ingin dikenal sebagai orang yang mudah bergaul, introvert, aktivis, professional, berkarisma ataupun sederhana. Dan sebagai mahasiswa, disadari atau tidak, tentu saja kita sebenarnya telah melakukan personal branding.

Apakah kalian mau mempelajari hasil diskusi? simak klik disini untuk melihat video hasil diskusi

            Alasan karena saat kawan - kawan membangun personal branding, maka kawan -- kawan  meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap temen temen. Selain itu, personal branding juga dapat meningkatkan kredibilitas, membangun kepercayaan diri, dan membuat orang lain mengenal kawan - kawan, bahkan tanpa kawan - kawan harus mengenalkan diri terlebih dahulu. Ungkap Helmi dalam diskusi tersebut.

Dari perspektif Thoriq yang beda dengan saudara Helmi yaitu Personal Branding merupakan sebuah proses dalam membentuk, menarik, dan memelihara persepsi masyarakat yang berkaitan dengan aspek -- aspek yang dimiliki seseorang,

 seperti keahlian, prestasi, kepribadian, atau nilai -- nilai yang dibangun secara sengaja atau tidak sengaja dengan tujuan menampilkan citra positif sehingga dapat berlanjut kepada kepercayaan dan loyalitas yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

Ada beberapa hal yang harus diketahui ketika melakukan personal branding yaitu :

Who are you (siapa kamu)

What have you done (apa yang telah kamu lakukan)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline