Lihat ke Halaman Asli

Helma Safira

Mahasiswa

Tablet Tambah Darah dan Suplemen Dapat Mengurangi Anemia pada Ibu Hamil

Diperbarui: 23 Agustus 2023   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Etiket Obat - Dok. pribadi 

Perkenalkan nama saya Helma Safira, Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Program studi S1 Farmasi Fakultas Farmasi, Saya menjalankan program kerja pengabdian masyarakat di Desa Tabunganen Tengah. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin mengadakan Kuliah Kerja Nyata Tematik Stunting (KKN-7 Tematik Stunting) pada tahun ini dengan target 16 Desa di seluruh Kab.Batola , Kab. Banjar, Kab. Tanah Laut. Program yang bertema stunting yang di bina DPL Ica Lisnawati, Ns.,M.Kep (Universitas Muhammadiyah Banjarmasin).

Salah satu program kerja yang direncanakan di Desa Tabunganen Tengah dengan tujuan yang saya lakukan yaitu Edukasi pemberian tablet tambah darah dan suplemen pada ibu hamil. agar mengurangi angka anak stunting yang akan di lahirkan pada ibu hamil dan mengurangi anemia.

Stunting merupakan salah satu gangguan pertumbuhan anak yang di alami akibat kurangnya gizi dan psikososial yang tidak memadai.

Anemia pada ibu hamil merupakan masalah yang sering terjadi pada ibu hamil yang merupakan kondisi dimana kadar homoglobin dibawah 11 gr/dl. Disebabkan karena kuranganya zat besi.

Edukasi pemberian tablet tambah darah dan suplemen dilakukan pemberian kepada ibu hamil dengan jumlah ibu hamil 11 orang . Obat yang diberikan yaitu tablet tambah darah dan suplemen Folamil yang dilaksanakan di Poskesdes.

Kami pertama tama mendatangi poskesdes pada hari jum'at, 18 Agustus 2023 untuk menyampaikan edukasi,tanda-tanda anemia, fungsi dan manfaat, Upaya pencegahan. Setelah saya melakukan edukasi lalu dilakukan pembagian obat secara gratis untuk para ibu hamil. Ada informasi yang di cantumkan di etiket dalam 18 kemasan obat agar memudahkan ibu-ibu untuk membaca informasi.


Gambar 2. Leaflet - Dok. pribadi 

(Dok. Tujuan saya memberikan tablet tambah darah dan suplemen pada ibu hamil ini adalah untuk mencegah angka resiko stunting pada bayi yang akan dilahirkan. Manfaat pemberian tablet tambah darah dan suplemen ini sebagai memutus rantai bayi stunting dan mengobati anemia. Harapan setelah edukasi pemberian tablet tambah darah dan suplemen ini dapat mencegah anemia dan mengurangi anak stunting.

Gambar 3. Foto bersama ibu bidan dan ibu-ibu hamil - Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline