Lihat ke Halaman Asli

Yayank Maulana

Penulis dan Karyawan PT.Asdp Indonesia ferry (Persero) Cabang Sorong, Papua Barat

Manajemen, Kunci Sukses Tata Kelola Perusahaan

Diperbarui: 2 November 2016   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : www.fkurniarahman`blogspot.com

Ketika penulis masih menempuh study pada jurusan Teknik & Manajemen kelautan Universitas sains & teknologi jayapura, banyak sekali teori tentang ilmu manajemen ini. Para ahli mendefinisikan manajemen dengan banyak pendapat pula. Namun sudah umum kita pahami, bahwa ilmu manajemen dapat diartikan sebagai seni untuk mengatur manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

FUNGSI MANAJEMEN

Fungsi utama manajemen adalah memimpin ( Leading ), Merencanakan ( Planning ), Menyusun ( Organizing ),Mengarahkan ( Direction) dan mengawasi ( Controlling ).  

a.Memimpin ( Leading )

Fungsi memimpin disini harus mampu mengakomodir fungsi – fungsi manajemen yang lain. Tanpa seni memimpin yang baik, tentu akan berakibat buruk bagi kelangsungan organisasi itu sendiri. Seorang pemimpin organisasi harus mampu memfungsikan dirinya sebagai leader yang instruktif ( instruction),consultative, participation and  restraint .Hal ini berlaku untuk semua level manajemen guna memahami masalah yang terjadi di lapangan. Sehingga dalam menentukan sebuah kebijakan organisasi adalah kebijakan untuk tujuan bersama. Tanpa mementingkan kepentingan personal maupun golongan.

b. Merencanakan ( Planning )

Jika semua level manajemen baik ditingkat top manajemen, middle manajamen maupun lower manajemen dapat menjalankan 5  fungsi manajemen dengan baik, maka apa yang menjadi tujuan sebuah organisasi/perusahaan tentu dapat tercapai secara maksimal.  Fungsi manajemen yang kedua adalah merencanakan ( planning). Dalam menyusuni sebuah perencanaan tentang target yang ingin diwujudkan maka hal-hal berikut perlu diperhatikan :

  • Menetapkan tujuan dan target bisnis
  • Merumuskan strategi ( strategy formulate) untuk mencapai tujuan dan target bisnis yang diinginkan
  • Menentukan sumberdaya yang dibutuhkan
  • Menetapkan indicator keberhasilan untuk mencapai tujuan serta target bisnis

c. Menyusun ( Organizing )

Mengatur SDM dan sumber daya yang lain yang dimiliki adalah hal penting yang harus dilakukan, agar dapat menjalankan planning yang telah dibuat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini merupakan fungsi organizing dalam manajemen. Untuk itu fungsi pengorganisasian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

  • Menetapkan sebuah struktur organisasi/perusahaan
  • Mendelegasikan wewenang sesuai tugas dan fungsi
  • Memantapkan hubungan ( relationship)
  • Jika  struktur organisasi sudah ditetapkan dari top manajemen hingga lower manajemen, kemudian mendelegasikan wewenang untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai level manajemen, membangun hubungan timbal balik antara setiap stakeholder, niscaya  akan menghasilkan suatu hasil utuh sesuai tujuan dan target organisasi/perusahaan

 d. Mengarahkan ( Direction )

Suasana kerja yang sehat  dan dinamis  akan menciptakan keadaan  kinerja setiap unit terkait untuk keberhasilan manajemen dapat berlangsung secara efektif serta efisien.  Untuk menjalankan fungsi ini dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membimbing/melatih,memotivasi setiap pekerja/karyawan agar dapat bekerja sesuai keinginan manajemen
  • Memberi tugas dan memastikan secara rutin tentang pekerjaan yang dilakukan telah berjalan sesuai yang diharapkan dengan berkiblat pada pola prosedur kerja organisasi/perusahaan
  • Kebijakan/keputusan organisasi/perusahaan dijelaskan dengan baik dan dipahami oleh semua pekerja/karyawan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline