Lihat ke Halaman Asli

Luhana AmmatulMaula

Saya adalah mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Puskesmas Cilengkrang Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran dan Pemakaian APAR

Diperbarui: 29 Oktober 2022   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bandung, Kompasiana.com - Puskesmas Cilengkrang Kota Bandung adakan kegiatan pelatihan antisipasi dan penangggulangan kebakaran dan pelatihan pemakaian APAR, Jum'at (14/10/2022). Kebakaran merupakan bencana yang penyebabnya lebih banyak terjadi karena ulah kelalaian manusia (human error). 

Oleh karena itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bandung sering mengadakan pelatihan antisipasi dan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat kota Bandung, salah satunya digelar di Puskesmas Cilengkrang Kota Bandung. 

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau fire extinguisher ialah alat yang dipakai untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisi dengan bahan pemadam api bertekanan tinggi.

Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan yang wajib ada disetiap Perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaannya.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bandung menjelaskan bagaimana cara pemakaian APAR. Pertama, tarik Pin Pengaman (Safety Pin) APAR. Kedua, arahkan Nozzle atau pangkal selang ke sumber api (area kebakaran). Ketiga, tekan Pemicu untuk menyemprot. Keempat, ayunkan ke seluruh sumber api (area kebakaran). 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline