Lihat ke Halaman Asli

Cara Menyembuhkan Homesick

Diperbarui: 28 Agustus 2023   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Halo aku Helen, pernah gak sih kalian merasa kayak capek banget, padahal kalian gak ngapa-ngapain. Yah bener banget  itu yang sedang aku rasakan saat ini. Merantau jauh dari orang tua, untuk melanjutkan Pendidikan ku di universitas yang aku impikan selama ini. 

Jujur aku capek, aku pengen pulang aja, tapi aku sadar aku disini juga untuk ayah dan ibuku, unruk membanggakan mereka berrdua. Oiya, kalian ada gak sih yang sama kayak aku?, suka kangen rumah, homesick ya gitu deh pokoknya. 

Pasti ada dong ya, gak mungkin gak ada. Temen-temen aku punya tips nih untuk ngelawan rasa homesick kalian. Pertama-tama aku mau jelasin dulu nih homesick itu apa sih sebenarnya, jadi homesick adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan perasaan seseorang yang sedang merindukan keluarganya atau kampung halamannya karena seseorang tersebut sedang merantau untuk melanjutkan Pendidikan atau bekerja. Berikut ini beberapa tips dari  aku supaya kalian tidak merasa homesick lagi nih.


1. Cerita kepada teman yang juga perantau
Kalau kalian sedang merasa homesick kalian bisa nih cerita dengan teman kalian yang juga seorang perantau, kalian bisa cerita bagaimana perasaan kalian, sedihnya kalian, aku yakin mereka bisa memberikan  solusi untuk kita dan yang pasti dia juga merasakan hal yang sama dengan kita

2. Sering berkomunikasi dengan keluarga terutama ayah dan ibu kita
Sesibuk apapun kalian, jangan lupa untuk menjaga komunikasi dengan orang tua kalian ya, karena itu adalah obat yang palling manjur untuk mengatasi homesick kalian.

3. Mencari kesibukan
Nah ini nih, salah satu cara yang menurutku juga cukup ampuh cari kesibukan. Kalian bisa nih ikut organisasi, kumpul-kumpul bareng teman kalian entah untuk Menyusun proyek kerja di organisasi kalian ataupun hanya sekedar kumpul untuk sharing saja. Intinya cari kesibukan sampai kalian bisa berhenti untuk memikirkan kampung halaman kalian.

4. Mengunjungi tempat-tempat indah yang ada didaerah Rantau
Nah untuk menghilangkan rasa stress, kalian bisa nih pergi jalan-jalan ke tempat yang mengasyikkan seperti Museum, Pantai, Taman, Kebun Binatang, dan masih banyak lagi.

5. Tuliskan sisi positif dari tanah rantau
Cobalah sesekali merenung dan pikirkan mengenai hal positif yang kamu alami sejauh ini di tempat baru. Dengan begitu, kamu jadi bisa menghargai dan menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang baru atau asing itu buruk.

Sebagai contoh adalah kebebasan yang kamu peroleh di tanah rantau. Di rumah dulu mungkin kamu tidak diperbolehkan untuk pulang larut malam sehingga waktu berkumpul dengan teman jadi terbatas. Di "rumah" yang baru ini, kamu sendirilah yang bertanggung jawab menentukan  jam malam buat diri sendiri. 

Tuliskan juga beragam keterampilan dan kemandirian yang kamu peroleh semenjak hidup sendiri. Misalkan, kamu sekarang jadi bisa beberes rumah sendiri atau memasak makanan sendiri, yang sebelumnya mungkin dibantu oleh keluarga.

Nah, itulah beberapa saran dari aku untuk mengatasi rasa homesick kalian. Semoga bisa membantu yaa sobat kompasiana!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline