Lihat ke Halaman Asli

helena marsyanday

mahasiswa ilmu komunikasi

Hujan Kritik Pernikahan Youtube

Diperbarui: 26 April 2021   20:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Presiden Jokowi membenarkan kepekaan hedonis di media sosial saat menghadiri pernikahan selebriti media sosial Atta Halilintar. Itu menunjukkan sedikit perhatian terhadap empati sosial.Semua tentang 'drama' pernikahan itu

Kehadiran Jokowi di pesta pernikahan mewah selebriti Indonesia memunculkan perhatian.

Kejadian itu terjadi ketika Bintang YouTube Indonesia yang sangat populer Atta Halilintar mengadakan pesta pernikahan mewah yang disiarkan televisi secara nasional di tengah pandemi Covid-19 dengan pengantin wanita, penyanyi dan modelnya Aurel Hermansyah, pada 3 April. Tamu kehormatan mereka? Presiden Joko "Jokowi" Widodo, mantan saingannya yang menjadi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Mengenakan jas hitam, peci hitam, dan topeng hitam, Jokowi duduk bersama enam tamu terhormat lainnya - termasuk istrinya, Iriana - sementara pengantin baru duduk di samping mereka. Sedangkan Prabowo duduk di ujung meja lainnya.Menurut Atta, keduanya menghadiri undangan dirinya dan Aurel untuk menjadi saksi pernikahan mereka.

"Kita ingin momen bahagia ini disaksikan oleh tokoh-tokoh besar di negeri kita," kata Atta dalam jumpa pers di Hotel Raffles, Jakarta, 3 April.

"Kami ingin menunjukkan bahwa kami serius dengan pernikahan kami. Jadi pihak saya dari keluarga diwakili oleh Pak Jokowi, dan pihak keluarga Aurel diwakili oleh Pak Prabowo. "

Pujian tidak berhenti sampai di situ. Aurel mengklaim Prabowo mempersingkat perjalanan ke Rusia untuk menghadiri pernikahan, dan keluarga Atta mengatakan Ketua DPR Bambang Soesatyo datang serta mewakili keluarganya. Sementara dua pengantin baru menikmati sorotan, internet dan kancah politik menjadi overdrive yang dapat diprediksi.

Hujan Kritik 

Penulis dan penyanyi populer Fiersa Besari mendapatkan bola menggelinding ketika akun Twitter pribadinya tampak mengkritik kehadiran Jokowi di pernikahan tersebut, terutama ketika pandemi terus merebak dan setelah pemerintah secara resmi melarang mudik tahunan Aidil Fitri (eksodus).

"Ini adalah negara paradoks," cuit Besari. "Mudik dilarang tapi destinasi liburan buka bersama. Jalan-jalan ditutup tapi kemacetan di mana-mana. Orang tidak diperbolehkan mengadakan pesta pernikahan tetapi pernikahan seorang selebriti dihadiri secara pribadi oleh pemimpin negara. Apa yang saya tahu, saya bukan siapa-siapa. "

Secara sensasional, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti - yang sangat aktif di media sosial - membalas Besari, menghujaninya dengan emoji menangis sebelum menyatakan "sedih membaca tweet Anda". Ketika sentimen serupa mulai mengalir, banyak di spektrum politik mulai mempertanyakan kebijaksanaan kehadiran Jokowi di pernikahan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline