Lihat ke Halaman Asli

Jihan Kamelia

Mahasiswa

Mahasiswa UBP Karawang Melakukan Sosialisasi Mendidik Anak Era Teknologi di Desa Ciptamarga

Diperbarui: 29 Juli 2022   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen milik pribadi

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang biasanya disebut "KKN" dilakukan mahasiswa dan di damping oleh Dosen Pembimbing Lapangan  Zarisnov Arafat SH, MH UBP KARAWANG di desa Ciptamarga kami melakukan sosialiasi tahap pertamaha dengan mengusung tema SOSIALILASI TERKAIT MENDIDIK ANAK DI ERA TEKNOLOGI, tema ini kami angkat dikarnakan maraknya bullying terhadap anak usia dini, khasus yang beberapa minggu lalu sempat viral, diduga seorang anak Sekolah Dasar ( SD ) meninggal dikarnakan adanya khasus bullying terhadap beliau, dengan khasus pemaksaan korban dengan terduga untuk melakukan kegiatan mensetubuhi seekor kucing.

Maka dari itu kami mengusung sosialiasi tidak hanya dari segi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) saja, tetapi kamipun melakukan kegiatan sosialiasasi yang mengajak peran orang tua mendidik anak di era teknologi, agar sang anak tidak terlalu jauh melakukan tindakan-tindakan kriminalisasi yang meraka sempat tonton di Handphone mereka, dengan melakukan penyampaian sosialilasi yang di pimpin oleh saudara MUHAMMAD JELANG FAJAR SYAHRANI dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar( PGSD ) serta kelompok KKN Desa CIPTAMARGA, menyampaikan sosialilasi serta tanya jawab terhadap masyarakat desa CIPTAMARGA untuk mendidik anak di era teknologi ini.

Dokumen milik pribadi

 Sedangkan menurut Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) Zarisnov Arafat SH, MH Mengatakan pendapatnya terkait mendidik anak di era teknologi Cara mendidik anak di era digital memang penuh tantangan. Anda bisa mencoba dengan tetap mendampingi anak saat ia sedang asyik bermain gadget. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari anak mendapatkan tayangan dan informasi yang tidak sesuai dengan usianya.

Akan lebih baik bila anak menonton atau bermain video game di ruang terbuka, seperti televisi di ruang tengah. Ini akan memudahkan orangtua memantau tayangan yang dilihat anak.

Dokumen milik pribadi

 Sedangkan menurut saudara pemateri MUHAMMAD JELANG FAJAR SYAHRANI serta Kelompok KKN " Terkadang orang tua tidak mengetahui hal apa saja yang diakses di dunia maya. Orang tua dapat memantau dan mengarahkan situs web dan media sosial yang mendukung tumbuh kembang anak, dan pastikan anak tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai usia. Itulah tadi beberapa kiat mendidik anak di era digital. Orang tua memiliki peran tanggung jawab yang penting dalam pengawasan anak terhadap teknologi digital, untuk senantiasa menemani pertumbuhan seorang anak agar siskis seorang anak selalu terpantau dengan baik kelak dimasa akan yang akan datang".

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline