Pengalaman belajar Budaya Positif Dalam pendidikan guru penggerak
Beberapa kegiatan dalam pendidikan guru penggerak dalam modul 1.4 tentang budaya positif, dalam mempelajari modul ini, calon guru penggerak di ajak belajar dengan alur pembelajaran merdeka seperti ( Mulai dri Diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demontrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan terakhir di tutup dengan kegiatan aksi nyata )
Kegiatan program pendidikan calon guru penggerak modul 1.4 ini dimulai dari tanggal 10 s/d 27 Oktober 2022 dengan materi BUDAYA POSITIF. Dan adapun pelaksanaan pembelajarannya yang akan dilakukan menggunakan LMS dan belajar merdeka.
Kali ini saya akan bercerita tentang Budaya Positif modul 1.4 ini dengan refleksi model DEAL yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). Yaitu Description, Examination, dan Articulaion of Learning
Dari penjelasan di atas, saya tertarik menggunakan model DEAL untuk menjelaskan cerita pengalaman saya belajar dalam pendidikan guru penggerak secara menyeluruh dalam modul ini karena model Deal merupakan model yang paling lugas untuk menceritakan kembali sebuah peristiwa.
Description berisi mengenai pengalaman yang diperlukan untuk sebuah pemahaman dan menceritakan unsur 5W dan 1H ( what, when, where, who, why dan How )
- HOW ( Bagaimana runtutan kegiatan yang dilakukan )
Dalam kegiatan pendidikan calon guru penggerak ini saya mempelajarai modul 1.4 yang dilaksanakan secara daring melalui fitur LMS guru penggerak yang telah tersedia.