Lihat ke Halaman Asli

Sektor Rumah Tangga

Diperbarui: 9 Oktober 2021   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam perekonomian terbuka terdapat 4 sektor, yaitu sektor rumah tangga, sektor perusahaan, sektor pemerintah dan sektor luar negeri.

Sektor rumah tangga terdiri dari sekelompok individu yang dianggap homogen dan identik.

Kondisi dari sektor rumah tangga saat ini sangat menurun karena terbatasnya pergerakan diluar. masyarakat tidak dapat melakukan kegiatan seperti yang biasa dilakukan. Hal ini menyebabkan tidak adanya pendapatan. Untuk kalangan menengah kebawah pandemi covid-19 sangat menyulitkan, terutama masyarakat yang bekerja sebagai buruh harian lepas. 

Dengan adanya kebijakan PPKM sangat berdampak kepada mereka yang mencari rupiah secara harian. Seperti para ojek online yang tidak bisa membawa penumpang, para pedagang yang sepi karena terbatasnya masyarakat berada diluar, para pekerja yang berada di lingkup wisata yang tidak dapat bekerja karena tempat wisata diharuskan tutup.

Tentu saja pemerintah pun tidak punya pilihan lain, karena hal ini untuk menghentikan penyebaran covid-19 yang kita semua pun tidak tahu kapan berakhir.

Para pekerja melakukan pekerjaannya secara WFH (work from home), para mahasiswa dan siswa/siswi pun melakukan pembelajaran secara online. Semua hal dilakukan untuk mengurangi penyebaran covid-19.

Oleh sebab itu pemerintah memberikan kebijakan sepeti Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat terutama kalangan menengah kebawah untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Memberikan keringanan dalam membayar listrik dan air, serta bantuan-bantuan lainnya. 

Segala upaya dilakukan agar penyebaran covid-19 ini cepat berlalu dan masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan normal kembali. 

Masyarakat harus bersatu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, berjaga jarak serta mencuci tangan. Hal tersebut dilakukan agar penyebaran cepat berlalu dan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal tanpa dibatasi oleh apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline