Lihat ke Halaman Asli

Ahok dan Risma Akan Head to Head, Megawati Penentunya

Diperbarui: 9 Agustus 2016   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.youtube.com/FaceToFace

Tak banyak yang ingin saya bahas kali ini. Sisa pertanyaan ‘maha penting’ yang kini ingin sekali didengar oleh begitu banyak orang adalah “Siapakah lawan Ahok sesungguhnya?” Dan tentu saja tak berlebihan pula bila pertanyaan itu sebetulnya untuk saat ini sangat bergantung dari apa yang akan terucap dari mulut sang Ketua Umum Partai terbesar di negeri ini, Megawati. Ketua Umum PDIP ini memegang ‘kunci’ kepastian siapa yang akan menjadi lawan Ahok sesungguhnya.

Kalau umpamanya Megawati mengatakan Risma maju sebagai calon tunggal PDIP (siapapun wakilnya) untuk menggapai kursi DKI 1, maka sudah pasti akan ada begitu banyak partai yang bakalan turut ‘mengekor’ mendukung dan memberi suara bagi Risma. Ini terjadi oleh sebab bagi mereka siapa saja oke asal bukan Ahok. Jelas Ahok sudah menjadi musuh bersama partai-partai selain Nasdem, Hanura dan Golkar. Kalau itu terjadi, Ahok berarti akan head to head dengan Risma. Lain cerita kalau tiba-tiba Megawati memberikan dukungan penuh kepada Ahok, ini jelas akan mengubah konstelasi menuju DKI 1 menjadi tak terkontrol dan penuh intrik.

Secara garis besar politik kepentingan, maka semua partai besar seperti PDIP, Golkar dan Gerindra sangatlah berkepentingan di pilkada DKI oleh karena begitu dekatnya pilkada ini dengan pilpres 2019. Calon dari partai mana pun yang jadi Gubernur DKI akan punya pengaruh besar pada pilpres 2019 nanti. Tidak heran bila nama Risma – mewakili PDIP, dan Sandiaga Uno – mewakili Gerindra langsung mencuat muncul ke permukaan. Golkar – mendukung Ahok dengan satu harapan Ahok akan kembali masuk menjadi kader partainya, sehingga untuk pilpres 2019 nanti nama besar Golkar akan kembali bisa mereka peroleh, dan kejayaan masa lampau kembali direngkuh.

Koalisi 7 Partai

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI-P DKI Jakarta, Gembong Warsono menegaskan bahwa "Koalisi Kekeluargaan" dibentuk bukan untuk melawan Ahok. Ini pernyataan basa basi klasik lah menurut saya. Kalau bukan untuk melawan ya pasti mendukung kan? Cuma ada dua pilihan toh: Lawan atau dukung!

Koalisi ini digagas oleh tujuh partai politik, yakni PDI-P, Gerindra, PKS, PPP, Demokrat, PKB dan PAN. Luarbiasa koalisi maha dahsyat ini. Bayangkan saja, ada 7 partai besar dan kecil yang bersatu padu. Saya jadi teringat koalisi KMP tatkala pilpres dilangsungkan tempo hari antara Jokowi vs Prabowo. Koalisi partai-partai yang begitu banyak melawan PDIP + Relawan Jokowi – JK + Rakyat biasa. Hasil akhir membuktikan Jokowi – JK menang secara dramatis. Lantas seiring berjalannya waktu koalisi besar yang katanya permanen itu pun menemui ‘ajal’, yaitu bubar jalan. Sekarang koalisi seperti itu akan kembali dibentuk, dan sepertinya motornya adalah PDIP?

Bagi saya koalisi ini adalah amunisi pengantar menghadapi ‘peperangan’ yang sesungguhnya. Ini baru pemanasan. Koalisi yang diberi nama "Koalisi Kekeluargaan" pada Pilkada DKI Jakarta 2017 memang sudah diumumkan, namun jelas sekali ini belum final dan belum mengikat. Dalam bahasa BPK kalau sudah final dan mengikat itu akan sampai kiamat.

Lalu kita bertanya kenapa keputusan dari 7 DPW ini belum final dan mengikat? Karena tujuh partai dalam koalisi itu masih menunggu keputusan dari kepengurusan partai tingkat pusat. Sebab, koalisi ini kan baru sebatas disepakati oleh pimpinan partai di tingkat Jakarta. Artinya? Sekali pimpinan pusat mengatakan ‘ya’ barulah koalisi ini jadi resmi. Kalau tidak? Ya nggak ada pengaruh apa-apa.

Saya sih lagi coba bayangkan, betapa dahsyatnya pertempuran menuju DKI 1 saat ini jikalau sampai PDIP mau bersatu dengan Demokrat, PKS, dan Gerindra. Betapa tidak, Anda tentu masih ingat betapa tidak maunya Megawati menegur atau mengakrabkan diri dengan SBY selama ini. Jabat tangan pun tidak. Begitu pula, betapa tidak sukanya PDIP terhadap ‘cara pandang’ PKS dalam berbagai hal yang amat sangat prinsip. Aura dan komitmen PDIP dan PKS itu amat berbeda bagaikan langit dan bumi. Ibarat minyak dan air yang tidak dapat menyatu. Lalu bagaimana dengan Gerindra? Kita tentu juga masih belum lupa perseteruan antara megawati dan Prabowo pada pilpres lalu. Dua-duanya saling mencap ini dan itu. Amat mustahil dapat bergandengan tangan secara utuh kembali. Di sisi lain Megawati juga secara personal sangat dekat dengan Ahok. Ini membingungkan sekaligus asyik ditelaah. Menarik sangat.

Megawati Sebagai Penentu

Apapun Kesepakatan yang telah dibuat oleh tujuh pimpinan parpol di tingkat DPD (PDI-P, Gerindra, PKS, PPP, Demokrat, PKB dan PAN) di Restoran Bunga Rampai hari Senin kemarin belum akan berarti apa-apa kalau Megawati belum ngomong.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline