Lihat ke Halaman Asli

HN

Teacher - Author - Writer

Pengaruh Absensi terhadap Kerajinan Belajar Siswa

Diperbarui: 15 Mei 2023   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dokumen pribadi

Pengaruh absensi terhadap kerajinan belajar siswa

Kata absensi seringkali kita dengar. Kata absensi tersebut selalu disandingkan dengan kata presensi, yang mana keduanya memiliki arti yang berbeda. Absensi artinya ketidak hadiran, sementara presensi artinya kehadiran. Jangan sampai keliru untuk mengartikan keduanya. 

Dalan hal ini, keduanya dinilai penting. Presensi ditulis untuk mengetahui siapa saja yang hadir, dan absensi ditulis untuk mengetahui siapa saja yang tidak hadir. Jadi disini bisa dengan mudah diketahui, jika ada catatan kehadiran/ketidak hadiran. Sama halnya dengan daftar absensi siswa, disini berisikan catatan ketidak hadiran. 

Dengan begitu, guru tidak kesulitan untuk mendata siapa saja yang tidak hadir. Catatan ketidak hadiran itulah yang disebut absensi. Dengan begitu, bisa diketahui frekuensi kehadiran dan ketidak hadiran pada setiap harinya. 

Guru juga bisa mengontrol kerajinan belajar siswa lewat daftar absensi dan juga presensi. Melihat begitu pentingnya daftar absensi, maka daftar itu pun di tempel pada dinding kelas. 

Daftar absensi itu ditulis dengan menggunakan spidol, jadi setiap harinya siapa saja yang tidak hadir dicatat disitu beserta keterangannya. Setiap hari dicatat, apabila hari telah berganti maka catatan itu dihapus dan ditulis ulang sebagai bentuk pembaharuan data yang ada. Hal ini tentunya untuk memudahkan dalam penyusunan data administrasi guru dan sebagai bentuk pengawasan kepada siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline