Lihat ke Halaman Asli

HN

Teacher - Author - Writer

Pembiasan Rutinitas Piket Kelas untuk Melatih Kerjasama Siswa

Diperbarui: 12 Mei 2023   19:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar: dokumen pribadi

Pembiasan rutinitas piket kelas untuk melatih kerjasama siswa

Kegiatan membersihkan kelas disebut dengan piket kelas. Piket kelas ini dibentuk oleh guru dan dirembuk bersama dengan siswa. Atas dasar diskusi yang telah berjalan, maka ditentukan jadwal piket kelas disertai nama-nama siapa saja yang sudah masuk jadwal piket kelas per hari. Piket kelas ini berjalan setiap hari kecuali hari libur. 

Dalam kurun waktu senin-sabtu, siswa dihimbau untuk melaksanakan kewajibannya membersihkan kelas sesuai dengan jatah piket yang sudah ditentukan. Misal yang kebagian jatah piket hari senin, maka siswa tersebut melaksanakan piket di hari senin. Kebagian hari selasa, siswa tersebut melaksanakan piket di hari selasa dan seterusnya. 

Kegiatan piket kelas ini selain bertujuan untuk membersihkan kelas. Namun juga bertujuan untuk melatih kerja sama atau gotong royong dengan sesama. Melalui kegiatan piket kelas ini, harapannya kelas menjadi bersih serta perilaku siswa kedepannya lebih baik. Dan lebih bisa mengedepankan kerja sama. Piket kelas ini tidak hanya dilakukan oleh satu siswa saja. Berdasarkan jadwal piket kelas yang telah disusun, maka piket kelas itu dilaksanakan setiap regu dengan menyesuaikan jadwal piket.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline