Lihat ke Halaman Asli

HN

Teacher - Author - Writer

Perbedaan Roti Bakar Dengan Roti Panggang

Diperbarui: 14 April 2023   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : dikutip dari kamera Hp milik pribadi

Perbedaan roti bakar dengan roti panggang

Belakangan ini muncul berbagai macam bentuk usaha terkait jenis makanan. Banyak promosi yang menyebar luas tentang berbagai jenis usaha, termasuk usaha makanan. Diantaranya yakni roti bakar dan roti panggang. Nampaknya nama roti bakar dan roti panggang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat. Menyebar ke seluruh penjuru desa sampai ke kota. Semua sudah mengetahui dan mengenali apa itu roti bakar? Apa itu roti panggang? Keduanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Ada beberapa yang sudah mencobanya, ada juga yang belum. 

Makanan sejenis roti ini sudah seringkali dijumpai di tempat-tempat usaha, seperti : cafe, warung, kedai, pedagang kaki lima dan lain sebagainya. Menggunakan bahan baku yang sama yakni roti, namun diolah dan dikemas dengan sedemikian rupa sesuai dengan ciri khas masing-masing pemilik usaha. Antara satu tempat usaha dengan lainnya berbeda dalam pengolahan dan pengemasan, pastinya berbeda pula rasanya. Ya meski sama-sama roti, akan tetapi dibuat dengan khas yang berbeda hingga pada akhirnya rasanya pun memiliki keunikan masing-masing. 

Sesama pengusaha akan tetapi antara satu dengan lainnya memiliki tata cara yang berbeda dalam menghadirkan cita rasa rotibakar. Dari mulai peralatan, adonan dan selai juga berbeda. Berbicara tentang roti bakar dan roti panggang,  akhir-akhir ini sering dipertanyakan tentang perbedaan antara keduanya. Meski sama-sama roti akan tetapi dalam proses pembuatannya jelaslah berbeda. Baik dari segi alat, maupun segi lainnya. Ada beberapa yang mengira sama, namun sebenarnya berbeda dalam prosesnya. Roti bakar dan roti panggang memang memiliki persamaan, antara lain sama-sama roti. Persamaan lainnya yakni : sama-sama mengandung karbohidrat. 

Karbohidrat itu sendiri berguna untuk menambah energi dalam tubuh. Jika tidak ada asupan karbohidrat maka tubuh kita akan terasa lemas. Karbohidrat sangat berpengaruh terhadap reaksi tubuh kita. Roti bakar dan roti panggang juga mengandung karbohidrat yang bisa memberikan rasa kenyang di perut. 

Adapun untuk perbedaannya terletak pada proses pengolahan roti itu sendiri. Roti bakar dalam proses pengolahannya, cenderung langsung menyentuh api. Tanpa menggunakan alat perantara untuk proses membakar roti. Seperti yang pernah kita lihat: roti langsung dibakar dan menyentuh api sehingga proses pembakaran pun terkesan lebih cepat karena langsung pada sumbernya yakni api. Sementara roti panggang dalam proses pembuatannya menggunakan alat perantara. 

Contohnya : roti dimasukkan ke dalam alat yang digunakan untuk memanggang, alatnya diletakkan diatas sumber api. Lalu di bolak balik alat itu sampai roti terlihat agak kehitam-hitaman setengah coklat. Kalau sudah berganti warna roti dari putih menjadi hitam/coklat, itu artinya roti sudah matang. 

Jadilah roti panggang. Sebelumnya roti berwarna putih itu merupakan roti yang masih murni  belum diolah, ketika sudah di olah maka otomatis akan berubah warna. Menandakan bahwa roti tersebut sudah siap untuk disantap. Pilih yang mana antara roti bakar atau roti panggang? tergantung selera. Lebih suka yang mana, antara keduanya. Karena masing-masing memiliki keunikan rasa dan cita rasa yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline