Lihat ke Halaman Asli

Sistem Pengendalian Manajemen PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Diperbarui: 24 Juni 2024   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem pengendalian manajemen penting untuk diterapkan pada setiap perusahaan dengan segala jenis bisnis. Sistem pengendalian manajemen membantu manajemen dalam mewujudkan visi, misi, strategi, dan tujuan perusahaan. Sistem pengendalian manajemen menjadi salah satu alat manajemen untuk dapat memberikan pengaruh kepada karyawan untuk bertindak positif agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Sistem ini mengarah kepada strategi dan teknik evaluasi yang lebih terintegrasi dan menyeluruh dengan sifat perhitungan yang matang dalam mengevaluasi sesuatu di dalamnya.

Indofood merupakan sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di berbagai kategori bisnisnya. Produk indofood merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar produk indofood menghadapi kompetisi baik dari perusahaan lokal maupun internasional. 

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (IDX : INDF) atau lebih dikenal dengan nama Indofood merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bertempat di Jakarta, Indonesia. PT Indofood Sukses makmur Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam industri pengolahan makanan. Perusahaan ini mengklasifikasikan bisnisnya menjadi lima segmen : Produk konsumen bermerk, bogasari, agrobisnis, distribusi serta budi daya dan pengolahan sayuran. Perusahaan menjalankan bisnis produk konsumen bermerek nya melalui anak perusahaan.

Visi dan misi perusahaan Indofood adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah, dan tujuan untuk masa depan perusahaan.

Terkait tata nilai perusahaan dikemukakan Menurut Franiscus Welirang sang Direktur PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dalam koran-sindo.com. Disiplin, menjunjung tinggi integritas, menghargai pemangku kepentingan, dan inovasi yang berkelanjutan, adalah nilai-nilai yang senantiasa ditekankan di lingkungan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. PT Indofood dalam menyusun anggaran menggunakan metode top down, yaitu dimana anggaran penjualan ditetapkan sendiri oleh pimpinan dan anggaran inilah yang dilaksanakan tanpa keterlibatan bawahan di dalam penyusunan. Kelemahan metode top down yaitu bawahan tidak bisa ikut campur dalam menyusun anggaran penjualan karena dengan metode ini karyawan tidak memiliki cukup keahlian atau dianggap terlalu lama dalam menyusun anggaran penjualan.

Laporan keuangan dan laporan keuangan konsolidasi telah disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia (SAK), yang mencakup pernyataan dan interpretasi yang dikeluarkan Dewan Standar Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia dan Peraturan Nomor VIII.G.7 tentang Pedoman penyajian serta pengungkapan laporan keuangan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penganggaran yang dilakukan oleh PT Indofood Tbk disusun dengan menggunakan metode Top Down, yang dimana anggaran penjualan ditetapkan sendiri oleh pimpinan dan anggaran inilah yang dilaksanakan tanpa keterlibatan bawahan di dalam penyusunan.

Perencanaan strategis dan operasional pada PT Indofood mencakup beberapa aspek diantaranya yang pertama adalah strategi korporat Indofood yang mengatur proses produksinya dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar.Strategi korporat yang dilakukan perusahaan merupakan upaya untuk meningkatkan nilai melalui serangkaian aktivitas rantai nilai yang diberikan kepada para pemegang sahamnya (Markides & Williamson, 1996: 340-67).

Yang kedua adalah strategi bisnis yang diterapkan untuk menghadapi persaingan. Strategi yang dipakai oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk. adalah diferensiasi produk dibuktikan dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Diferensiasi berhubungan dengan penyajian keunikan (Kuncoro, 2006: 93-97). Dan Indofoof juga menerapkan strategi perluasan usaha dengan mencakup wilayah internasional. Strategi yang diteraokan adalah lisensi  dan joint venture. Strategi pemasaran sebagai Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas. 

Dan terakhir Indofood sangat memperhatikan strategi pemasaran. Dari sisi pelaksanaan dan pengukuran kinerja, PT Indofood dinilai berhasil menerapkan pelaksanaan dan pengukuran kinerja dengan baik. Begitupun dengan pengawasan dan evaluasi kerja. Indofood dengan rutin melaksanakan pengawasan dan evaluasi. 

Saran untuk memastikan target perusahaan PT Indofood dengan melakukan inovasi yang didukung dengan sistem integrasi manajemen yang merata. sehingga  penerapan sistem pengendalian manajemen yang sudah dilaksanakan dapat berkembang dengan lebih pesat. Juga untuk memaksimalkan potensi anak perusahaan dengan mengadaptasi sistem manajemen utama perusahaan agar juga dapat diterapkan dengan merata kepada seluruh anak perusahaan untuk mencapai keberhasilan integrasi dan pemerataan sistem perusahaan.

Artikel ini diterbitkan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah sistem pengendalian manajemen 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline