Lihat ke Halaman Asli

Haza LizIndry

Mahasiswa SV IPB

Covid-19 Membawa Perubahan terhadap Kehidupan Masyarakat

Diperbarui: 12 Juli 2021   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 1 tahun lebih di indonesia, dihitung semenjak pemerintah mengumumkan kasus pertama di indonesia pada tanggal 2 maret 2020 lalu. Menurut data statistik pemerintah, kasus covid di indonesia hingga saat ini masih terus naik hingga sampai di angka 2,2 juta kasus dengan rincian 1,89 juta orang sembuh dan 58.995 orang meninggal dunia. 

Dalam kurun waktu 1 tahun lebih ini, pemerintah telah menerapkan peraturan mulai dari PSBB, PSBB Transisi hingga peraturan terbaru yaitu PPKM, tetapi kasus covid di indonesia tidak kunjung reda. Selama 1 tahun ini pula banyak sekali perubahan yang terjadi terhadap masyarakat mulai dari, perubahan sosial perubahan sistem  pendidikan, hingga perubahan yang paling terdampak adalah perubahan ekonomi.

Dampak Covid Terhadap Perubahan Sosial

Pertumbuhan covid di indonesia pasti banyak menimbulkan perubahan bukan hanya perubahan kesehatan tetapi juga terhadap perubahan sosial. Harus diakui juga  bahwa covid19 ini memaksa kita untuk selalu menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, yang tadinya kita tidak terbiasa untuk memakai masker saat keluar rumah, sekarang menjadi barang yang wajib kita gunakan saat keluar rumah. 

Kita juga dipaksa sebisa mungkin untuk menghindari kerumunan, selalu mencuci tangan setiap saat. Sadar atau tidak dari perubahan sosial ini melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru untuk kita, seperti tidak berkumpul atau menghindari kerumunan, keluar rumah harus menggunakan masker, mencuci tangan setiap saat.

Menurut data BPS tahun 2020 yang telah melakukan survei diketahui bahwa sekitar 72% responden selalu menjaga kontak fisik atau jaga jarak, sebanyak 80,20% responden selalu mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker. Perubahan sosial ini pula berperan besar terhadap angka kenaikan kasus Covid-19 di indonesia.  Dari data ini juga menjelaskan bahwa terjadi perubahan sosial yang cukup signifikan.  Dengan demikian segala aktivitas yang dilakukan masyarakat pada saat ini harus selalu dilaksanakan hingga pandemi berakhir.

Dampak Covid Terhadap Ekonomi 

Pembatasan yang diberlakukan pemerintah mempunyai dampak yang sangat besar terhadap bisnis yang kemudian berpengaruh juga terhadap perekonomia negara. Mulai dari sisi pariwisata, perdagangan hingga investasi. Banyak sekali UMKM hingga bisnis perusahaan besar yang mengalami kerugian disaat pandemi seperti ini, bahkan banyak juga pekerja yang dirumahkan (PHK). Hal ini mengakibatkan angka pengangguran dan kemiskinan naik sangat pesat.

Menurut laporan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi di indonesia pada kuartal II 2020 mengalami penurunan atau minus 5,32%. Sebelumnya BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2020 hanya tumbuh 2,97% saja, turun jauh pada periode yang sama tahun 2019 lalu. Penghasilan masyarakat menurun karena pandemi ini, menyebabkan sebagian sektor perdagangan tutup. Maka berdampak terhadap pengurangan ketenagakerjaan. Hingga saat ini jumlah pengangguran meningkat dari 2,56 juta menjadi 9,77 juta orang.

Untuk mengurangi dampak itu, pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan dan peraturan serta program. Salah satunya, progam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pengusaha dalam menjalankan usahanya. Program PEN ini terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 yang ditetapkan pada tanggal 9 Mei 2020. 

Program PEN dilaksanakan melalui empat modalitas dan belanja negara, yaitu penyertaan modal negara (PMN), penempatan dana, investasi pemerintah, dan kegiatan penjaminan dengan skema yang ditetapkan pemerintah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline